Tumbuhan-tumbuhan Paling Aneh dan Paling Unik di Dunia

Tumbuhan-tumbuhan Paling Aneh dan Paling Unik di Dunia

Naviri Magazine - Manusia hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan. Sebagaimana hewan memiliki beragam jenis, begitu pula tumbuhan. Ada banyak sekali jenis tumbuhan di dunia, sama banyak jenis hewan yang hidup di bumi. Di antara banyak tumbuhan yang telah kita kenal, masih banyak tumbuhan lain yang belum kita kenal.

Berikut ini adalah sepuluh jenis tumbuhan yang dianggap paling aneh sekaligus paling unik di dunia, karena berbagai alasan. Ada yang ukurannya luar biasa besar, ada yang pertumbuhannya tidak lazim, dan lain-lain. Berikut ini uraiannya.

Welwitschia mirabilis 
   
Tumbuhan asli Namibia ini hanya mempunyai dua daun, satu batang, dan sistem akar. Kedua daun terus mengalami pertumbuhan. Batang tanaman semakin lama semakin tebal, tetapi tidak bertambah tinggi. Tinggi maksimum tumbuhan ini hanya 2 meter, tetapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad. Karenanya, tumbuhan ini disebut tumbuhan paling tangguh di dunia.

Welwitschia mirabilis bisa hidup tanpa hujan selama 5 tahun. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak dimakan, baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara api. Arti nama Onyangaya adalah bawang padang pasir.

Dionaea muscipula 
   
Tanaman yang juga disebut sebagai tanaman venus (Venus Flytrap) ini merupakan tanaman karnivora paling terkenal karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki pasangan daun yang berfungsi sebagai perangkap serangga-serangga kecil.

Pasangan daun memiliki rambut yang ultra-sensitif, sehingga dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun tersentuh, maka daun akan mengatup dan memerangkap hewan apa pun yang mendekatinya.
       
Venus

Tumbuhan venus disebut juga tumbuhan pemangsa serangga, dan merupakan salah satu jenis tumbuhan unik di dunia. Tanaman venus memiliki keahlian dalam menangkap serangga, sehingga venus juga dikategorikan tanaman insektivora.

Tumbuhan venus memiliki warna merah yang menawan, dan hal ini mampu menarik perhatian serangga yang ada di sekitarnya. Selain itu, pada bagian tengah daun venus mengeluarkan kelenjar/cairan dan bau sedap, yang membuat serangga semakin penasaran untuk menghinggapinya. Begitu serangga mendekat, tumbuhan venus akan memakannya.
       
Rafflesia arnoldii
 
Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Ukuran bunganya dapat mencapai 1 meter, dengan berat mencapai 8 kg sampai 12 kg. Bunga ini dapat mekar selama tiga hari sampai satu minggu. Sayangnya, dari hasil penyerbukan tersebut, hanya 10–20 persen yang berhasil tumbuh.

Penamaan bunga raksasa ini tidak terlepas oleh sejarah penemuannya pertama kali pada tahun 1818, di hutan tropis Sumatera. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold, yang menemukan bunga raksasa ini pertama kali.

Dr. Joseph Arnold saat itu tengah mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles. Jadi penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi, dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.
         
Desmodium gyrans
 
Darwin menamai tumbuhan ini Hedysarum, dan para ahli botani menyebutnya Desmodium gyrans atau Codariocalyx motorius. Nama yang biasa dikenal adalah rumput menari (dancing grass) atau tanaman semaphore (semaphore plant), karena gerakan daunnya yang mirip gerakan tangan pengirim sinyal semaphore.

Tanaman ini mudah sekali tumbuh, karena hanya membutuhkan cahaya matahari dan air, tanpa perlu diberi pupuk.

Euphorbia obesa
 
Tanaman ini merupakan endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Oleh karena bentuknya yang lucu mirip baseball, banyak penggemar tanaman mengambil tanaman ini dan mengoleksinya. Akibatnya, populasi tanaman ini semakin berkurang.

Oleh karena itu, tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afrika Selatan. Tanaman ini bersifat dioceus atau berumah dua, artinya terdapat dua jenis bunga, yaitu bunga jantan dan bunga betina yang terpisah.

Amorphophallus titanum

Beberapa kalangan sering salah dalam mengidentifikasi bunga bangkai ini sebagai Rafflesia. Bunga yang satu ini berukuran besar dan tinggi, bahkan lebih tinggi dari manusia. Ketinggian bunga bangkai dapat mencapai 3 meter.

Bunga ini mendapat julukan bunga bangkai, karena mengeluarkan bau dan memiliki warna mirip bangkai yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.
         
Baobab

Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika, dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya memang mirip botol, ternyata pohon ini dapat menyimpan sampai dengan 300 liter air, dan bisa tumbuh sampai 500 tahun.

Dracaena cinnabari
   
Dracaena cinnabari merupakan tanaman asli Kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama pohon darah naga atau pohon naga socotra. Salah satu keunikan pohon ini adalah memiliki bentuk seperti payung.

Nama darah naga dari pohon ini diambil dari getahnya yang berwarna merah. Getah pohon ini berguna untuk pengobatan, dan sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

Selaginella lepidophylla

Nama lain bunga ini adalah bunga jericho. Tumbuhan gurun pasir ini dikenal atas kemampuannya bertahan hidup, bahkan pada saat kekeringan. Pada saat musim kering, batangnya akan mengerut dan menggulung menjadi bola. Setelah ada air, batang tanaman tersebut akan melepaskan diri dari gulungannya.

Tanaman ini banyak ditemui di Gurun Chihuahua.

Hura Brasiliensis

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Tanaman ini mendapat julukan pohon neraka atau pohon kotak pasir (sandbox tree). Batangnya ditutupi duri tajam, dan getah pohon ini beracun.

Getahnya sering digunakan oleh penduduk setempat untuk dioleskan pada mata panah. Dengan demikian, mata panah mengandung racun sehingga dapat digunakan untuk membunuh hewan buruan.

Tanaman ini menghasilkan buah. Buah yang sudah matang akan meledak dengan kekuatan ledakan yang dapat melukai manusia dan hewan yang lewat di dekat pohon ini. Oleh karena kekuatannya, Hura brasiliensis diberi nama pohon dinamit.

Baca juga: Misteri Tanah yang Bergerak-gerak Menakutkan di Kanada

Related

Science 3588455738836110965

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item