Hati-hati, Berteduh di Bawah Pohon Ketika Hujan Bisa Berbahaya

Hati-hati, Berteduh di Bawah Pohon Ketika Hujan Bisa Berbahaya

Naviri Magazine - Ketika hujan sedang turun bersama petir, kita disarankan untuk tidak berteduh di bawah pohon, karena bisa berbahaya. Hal itu dilatarbelakangi alasan karena petir selalu mencari medan magnet positif yang paling dekat yang berada di Bumi, di antaranya bangunan tinggi atau pohon yang tinggi.

Karena pohon basah terkena air hujan, maka pohon itu pun menjadi konduktor yang baik sebagai penghantar arus listrik. Karena itu, kita disarankan untuk tidak berteduh di bawah pohon ketika hujan dan petir sedang berlangsung, karena bisa terancam kena sambaran petir.

Bagaimana menghindari bahaya kilat?

Kilat adalah bahaya cuaca yang signifikan, dan rata-rata terjadi dengan kecepatan 50-100 kali pelepasan muatan per detik. Penangkal petir dan konduktor logam bisa digunakan untuk melindungi bangunan dengan cara menangkap dan mengalihkan arus kilat ke tanah seaman mungkin.

Penangkal petir adalah batang logam yang diletakkan dengan ujung mengarah ke atas di atas titik paling tinggi dari sebuah bangunan. Bila kilat menyambar bangunan tersebut, penangkal petir itu yang disambar, bukan bangunannya.

Ketika cuaca menunjukkan kemungkinan akan adanya kilat, kita disarankan untuk tetap berada di dalam rumah atau dalam mobil, menjauh dari pintu dan jendela yang terbuka, serta tidak memegang peralatan listrik atau pipa air yang mungkin memiliki hubungan dengan lingkungan di luar rumah.

Baca juga: Begini Proses Terbentuknya Hujan dan Turunnya Air dari Langit

Related

Science 7446324738239381185

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item