Diam-diam, Ilmuwan Sedang Berupaya Menyamai Kuasa Tuhan

Diam-diam, Ilmuwan Sedang Berupaya Menyamai Kuasa Tuhan

Naviri Magazine - Dunia sains sudah menemukan bahwa perbaikan gen bisa dilakukan pada binatang serta tumbuhan. Kini, para ilmuwan sedang menjadikan manusia sebagai tujuan selanjutnya.

Harapan ini muncul ketika seorang peneliti dari Francis Crick Institute London, bernama Kathy Niakan, mendapat izin untuk 'mengedit' embrio manusia untuk sebuah kajian ilmiah. Izin ini diberikan oleh sebuah badan bernama Human Fertilization and Embryology Authority di Inggris.

Teknologi yang akan diusung oleh sang peneliti dan anggotanya adalah sebuah teknologi bernama CRISPR, yang membuat ilmuwan mampu mengidentifikasi gen tertentu, mengambilnya, dan 'mengedit' kode DNA di dalamnya.

CRISPR bukan teknologi baru. Sebelumnya, teknologi ini berhasil memperbaiki gen anjing untuk membuatnya lebih besar, dan untuk babi agar badannya lebih kecil.

Meski kontroversial dan melawan kehendak Tuhan, sebenarnya teknologi ini punya tujuan yang mulia. Tujuan utamanya adalah untuk mengeliminasi beberapa penyakit seperti kanker, memperkecil risiko keguguran, dan meningkatkan rasio kesuburan.

Satu-satunya risiko dari hal ini adalah risiko kesalahan yang akan ditanggung si pasien dan keturunan-keturunannya.

Baca juga: Kini, Ilmuwan Bisa Membangkitkan Manusia yang Telah Mati

Related

Technology 5914429263614863993

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item