Mozaik Sejarah Dunia: Kisah-kisah dari Perang Dunia I

Mozaik Sejarah Dunia: Kisah-kisah dari Perang Dunia I

Naviri Magazine - Pada 3 September 1918, Inggris dan Prancis menduduki Damaskus.

Salah satu tujuan utama negara-negara Eropa dalam Perang Dunia I adalah memecah-belah imperium Ottoman. Selama perang itu, satu per satu wilayah kekuasaan Ottoman jatuh ke tangan Prancis dan Inggris, termasuk Damaskus.

Setelah itu, berdasarkan perjanjian antara London dan Paris, kekuasaan di Suriah dan ibu kotanya, Damaskus, diserahkan ke Prancis.

Pada 29 September 1918, Bulgaria menyerah pada Sekutu.

Pada waktu Perang Dunia I, Bulgaria beraliansi dengan Jerman, Ottoman, dan Austria-Hungaria. Pasukan aliansi tersebut bertempur melawan pasukan Sekutu yang terdiri atas Inggris, Rusia, Prancis, dan Italia.

Menyusul kekalahan Bulgaria dan Perang Macedonia, ditandatanganilah Perjanjian Solonik pada tanggal 15 September 1918. Perjanjian yang ditandatangani Bulgaria dan Sekutu di kota Solonik, Yunani, itu menjadi tanda penyerahan Bulgaria terhadap Sekutu.

Kemudian, satu setengah bulan setelah itu, pada 15 November, Jerman juga menyerah, dan Perang Dunia I pun berakhir dengan kemenangan di pihak Sekutu.

Pada 4 November 1918, Austria-Hungaria menyerah pada Sekutu.

Satu minggu sebelum berakhirnya Perang Dunia I, imperium Austria-Hungaria menyerah kepada pasukan Sekutu. Di dalam perang tersebut, mereka adalah sekutu Jerman yang paling penting, sekaligus menjadi bagian pemantik perang. Namun, setelah kekalahan beruntun yang dialaminya, Austria-Hungaria pun bersedia menyerah dan menandatangani Perjanjian Padova.

Setelah perang berakhir, wilayah kekuasaan Austria-Hungaria dibagi-bagi menjadi beberapa negara, dan berakhirlah kekuasaan kaisar dari Dinasti Hansburg.

Baca juga: Kisah Taktik Licik Inggris Menguasai Ottoman Dalam Perang Dunia

Related

History 2532962781780342333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item