Kisah Taktik Licik Inggris Menguasai Ottoman Dalam Perang Dunia

Kisah Taktik Licik Inggris Menguasai Ottoman Dalam Perang Dunia

Naviri Magazine - Pada periode Perang Dunia I, pasukan Inggris akhirnya berhasil mengalahkan tentara Ottoman di Palestina, sebagaimana yang mereka harapkan, dan wilayah itu pun dikuasai oleh Inggris, sejak 9 Desember 1917.

Peperangan antara Inggris dan Ottoman merupakan salah satu pertempuran berat bagi Inggris. Pada waktu itu, tentara Ottoman sudah terdesak, namun mereka kemudian bersembunyi di kota Sheria. Inggris pun memborbardir Sheria siang-malam, namun upaya itu tidak membuahkan hasil, padahal penyerangan brutal itu menghabiskan banyak biaya.

Sampai akhirnya, pemimpin pasukan Inggris, Meinert Zhagen, mendapatkan ide yang di luar kebiasaan. Ia masuk ke pesawat, lalu menjatuhkan ribuan rokok beserta selebaran yang isinya menghimbau agar tentara Ottoman segera menyerah. Tentara Ottoman tidak tahu rokok yang disebarkan dari atas pesawat itu telah disuntik opium. 

Tentara Ottoman mengambil rokok-rokok yang bertebaran di atas tanah itu, dan menghisapnya. Opium di dalamnya segera bekerja, dan mereka mabuk seketika. Tentara Inggris pun kemudian sukses menghabisi tentara Ottoman yang sedang mabuk, dan menguasai Sheria.

Pada bulan Oktober tahun berikutnya, Inggris mengadakan perjanjian penghentian perang dengan Ottoman dan sebagian besar kawasan Timur Tengah yang waktu itu masih didudukinya.

Pendudukan Inggris atas Palestina tersebut merupakan langkah penting dalam Deklarasi Balfour yang kelak merupakan dukungan Inggris atas rencana pendirian negara Yahudi di tanah milik bangsa Palestina.

Baca juga: Revolusi Bolshevik dan Lahirnya Negara Marxis Pertama di Dunia

Related

History 1882238919678670805

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item