Misteri Kemunculan Ogopogo, Monster Mengerikan di Danau Kanada

Misteri Kemunculan Ogopogo, Monster Mengerikan di Danau Kanada

Naviri Magazine - Sebagian kita mungkin sudah mendengar kisah tentang Monster Danau Loch Ness, Skotlandia, yang biasa disebut "Nessie" oleh penduduk setempat. Ternyata, tidak hanya Danau Loch yang menyimpan misteri. Kisah serupa juga ada pada sebuah danau di Canada, yang dinamakan Danau Okanagan.

Masyarakat mengenal monster ini dengan sebutan Ogopogo. Topik pembicaraan mengenai eksistensi makhluk misterius danau Okanagan ini sudah terdengar sejak tahun 1850, dimana pada awal tahun itu untuk pertama kalinya Ogopogo menampakkan diri kepada para wisatawan dan penduduk setempat.

Para saksi mata yang melihatnya menuturkan bahwa suatu makhluk dengan perawakan besar, berwarna gelap, dan memiliki bentuk tubuh yang panjang, telah muncul kepermukaan air dan berenang menyusuri tengah danau.

Kejadian itu berlangusung dalam waktu yang cukup lama, sehingga mereka dapat lebih leluasa untuk mengamati dan mengidentifikasi makhluk tersebut.

Menurut mereka, makhluk tersebut bukan seekor ular, walaupun sedikit memiliki kesamaan bentuk pada tubuhnya. Tapi ular tidak memiliki ukuran tubuh sebesar dan sepanjang makhluk ini.

Sebagian orang yang mendengarkan penuturan para saksi mata ada yang mencemooh. Menurut mereka, mungkin makhluk tersebut benar-benar seekor ular, tetapi terlalu dibesar-besarkan mengenai penggambaran sosoknya, sehingga jadi hal yang mengemparkan.

Namun, pendapat orang-orang yang menganggap makhluk tersebut hanyalah seekor ular ahirnya tumbang, ketika pada pertengahan tahun 1957, untuk kali pertama sosok Ogopogo berhasil diabadikan menggunakan kamera film 16 mm oleh seorang wisatawan.

Dari beberapa identifikasi yang dilakukan oleh para pakar zoologi dari hasil foto otentiknya, mereka sepakat menyatakan bahwa makhluk tersebut bukan seekor ular dan sejenisnya.

Sejak itulah, topik pembicaraan mengenai Ogopogo, yang beberapa tahun silam menjadi kontroversi, mulai mencuat di lapisan Masyarakat.

Sampai saat ini, belum ada kepastian mengenai identitas yang bisa digali dari makhluk tersebut. Hanya saja, banyak pakar yang menganggap Ogopogo sebagai salah satu species oar fish yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dari spesies sejenisnya.

Yang masih membingungkan, jika Ogopogo benar-benar merupakan salah satu species oar fish, mengapa bentuk fisik kepalanya sama sekali berbeda? Satu lagi yang membuatnya makin membingungkan adalah cara dia berenang dan bergerak menyusuri danau, yang selalu memperlihatkan bentuk seperti punuk-punuk berjejer (mengombak), di mana gerakan seperti itu sangat berbeda dengan cara berenang oar fish maupun ular sekali pun.

Tampaknya, Ogopogo termasuk makhluk misterius yang sedikit "narsis" dan "fotogenik". Karena hampir setiap tahun makhluk tersebut selalu muncul ke permukaan danau, dan banyak wisatawan yang mengabadikan sosoknya melalui kamera dan video recorder. Mungkin hal ini tidak bisa kita temui pada Nessie yang terkesan “malu-malu” dengan kamera.

Memang harus diakui, sampai saat ini penelitian terhadap Ogopogo masih kurang gencar dilakukan oleh para ilmuwan. Ogopogo seakan-akan tenggelam oleh kepupuleran Nessie yang lebih banyak mendapat sorotan dari para peneliti dan masyarakat umum.

Tapi setidaknya, berkat Ogopogo danau Okanagan, yang tergolong tidak terlalu indah, kini terkenal di masyarakat dunia, dan menjadi salah satu sektor pariwisata utama bagi Kanada.

Berikut ini aq coba menyajikan laporan-laporan mengenai penampakan Ogopogo yang berhasil disaksikan oleh beberapa orang terhitung sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 1850 sampai tahun 1990.

1872 - Ogopogo muncul untuk kali kedua pada tahun ini. Dua orang wisatawan Amerika, Mr dan Mrs. Allison, adalah orang yang melaporkan kemunculannya.

1926 - Serombongan wisatawan dari suatu sekolah mengklaim kembali melihat kemunculan Ogopogo.

1947- Ogopogo kembali menampakkan diri, dan kemunculannya tahun ini sangat mengagumkan, karena ia bergerak mendekati sisi danau dengan menunjukkan cara berenang seperti mengombakkan tubuhnya. Namun tidak sampai beberapa saat kemudian makhluk tersebut kembali masuk ke dasar danau. Kejadian ini setidaknya disaksikan oleh puluhan saksi mata.

1957 - Untuk pertama kalinya sosok Ogopogo bisa diabadikan dengan kamera film 16 mm oleh Geoffrey Tozer.

1959 - Kembali Ogopogo muncul, dan sempat diabadikan oleh keluarga R.H. Miller.

1964 - Ogopogo dilaporkan kemunculannya oleh Mr dan Mrs Pat Marten, mereka memperkirakan hewan tersebut mempunyai panjang tubuh 20 meter lebih.

1965 - Keluarga Parmenter berhasil memotret Opogogo.

1976 - Ed Fletcher dari Vancouver berhasil memotret Opogogo.

1978, 1979, 1981 - Arlene Gaal berhasil memotret Opogogo.

1981- Keluarga Wachlin berhasil memotret Opogogo.

1984 - Keluarga Svensson berhasil memotret Opogogo.

1987-1990 - Secara berturut-turut dalam periode tahun tersebut, John Kirk (seorang peneliti Ogopogo) berhasil mengambil gambar sosok monster, bahkan untuk pertama kalinya sosok Ogopogo berhasil diabadikan dengan video recorder.

Sampai sekarang pun Ogopogo masih sering disaksikan muncul ke permukaan danau di setiap tahun. Karenanya, jika ada yang berniat mau melihat sosoknya, datang saja ke Danau Okanagane.

Baca juga: Kisah Laba-laba Pertama di Dunia yang Pergi ke Luar Angkasa

Related

World's Fact 202404872874541658

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item