Kisah Pemberontakan yang Gagal, Gara-gara Pesan Dalam Botol

Kisah Pemberontakan yang Gagal, Gara-gara Pesan Dalam Botol

Naviri Magazine - Tak selamanya pesan dalam botol terlambat tiba. Akibat sebuah pesan dalam botol, sekelompok pelaku pemberontak di atas kapal (mutiny) akhirnya tertangkap. Kejadiannya bertahun 1875.

Di atas kapal layar bertiang tiga (bark) Lennie milik Kanada, terjadi pemberontakan seluruh kru terhadap sejumlah perwira kapal. Kapal tersebut diambil alih, dan menyisakan seorang perwira rendah yang memahami navigasi dan sistem kemudi kapal.

Ia mengarahkan kapal menuju perairan Prancis, dan mengatakan pada para pemberontak bahwa mereka berada di wilayah Spanyol. Saat itu, si juru mudi melemparkan sejumlah pesan dalam botol tentang tragedi di atas kapal.

Ternyata, salah satu pesan dalam botol ditemukan otoritas Prancis, dan langsung meresponsnya. Masih berlayar di perairan Prancis, kapal tersebut dihentikan Angkatan Laut Prancis, dan seluruh kru yang memberontak ditangkap.

Para pemberontak heran, mengapa aksi pemberontakan mereka bisa diketahui otoritas Prancis. Itulah Kekuatan sebuah pesan dalam botol.

Baca juga: Misteri 200 Tahun Tenggelamnya Kapal Gotheburg

Related

World's Fact 1944227103244187313
item