Ini Penyebab Suara Guntur Selalu Mengikuti Kilat

Ini Penyebab Suara Guntur Selalu Mengikuti Kilat

Naviri Magazine - Badai disebabkan oleh gangguan muatan listrik di atmosfer. Tegangan listrik antara dua awan atau antara awan dan tanah mengeluarkan percikan listrik yang disebut kilat, dan menyebabkan suara gaduh yang disebut guntur.

Kilat dan guntur terjadi pada waktu bersamaan, namun sering kali kilat lebih dulu muncul sebelum guntur terdengar. Hal itu terjadi karena cahaya sampai lebih cepat daripada bunyi. Karena itulah, kita pun menganggap guntur selalu mengikuti kilat.

Apa yang menyebabkan guntur?

Guntur disebabkan oleh pemanasan mendadak dan memuainya udara, diikuti dengan pendinginan yang amat cepat dan kontraksi ketika halilintar memancar. Hal itu menyebabkan udara bergetar.

Suara gemuruh berasal dari gema yang dipantulkan oleh permukaan Bumi atau awan. Guntur yang panjang terjadi karena suara dari bagian-bagian yang berbeda saat pelepasan listrik mencapai pengamat pada waktu yang berbeda.

Baca juga: Akhirnya, Ilmuwan Menemukan Planet yang Benar-benar Mirip Bumi

Related

Science 4551014007771987645

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item