Bila Istri Mencari Uang, Suami Menganggur, Bagaimana Solusinya?

Bila Istri Mencari Uang, Suami Menganggur, Bagaimana Solusinya?

Naviri Magazine - Di sebagian besar masyarakat kita, keluarga adalah bagian penting dalam masyarakat, dan setiap orang (suami dan istri) memiliki peran masing-masing. Dalam konsep yang telah disepakati sejak lama, suami bertugas mencari uang atau nafkah, sementara istri bertugas mengurus rumah tangga, termasuk merawat anak ketika punya anak.

Seiring perjalanan zaman, konsep semacam itu kadang mengalami masalah. Di tengah jalan, kadang suami dan istri sama-sama bekerja. Atau, bisa jadi, suami kehilangan pekerjaan, sehingga istri yang harus mencari nafkah untuk menafkahi keluarga. Ketika hal semacam itu terjadi, bagaimana solusinya?

Nana Gerhana, MPsi, psikolog, menjelaskan bahwa fungsi dalam memenuhi kebutuhan ekonomi pada suami dan istri era modern sekarang lebih luas dan tidak lagi kaku.

“Kita sering kali menemui istri yang memiliki karier pekerjaan dan finansial yang jauh lebih baik dari sang suami,” urai Nana. Dia melanjutkan, apabila penghasilan istri lebih besar, hal itu sebenarnya tidak menjadi masalah, jika aturan berbagi tugas diterapkan dengan komitmen yang benar.

Namun, jika seorang istri dipaksa untuk bekerja, atau suami tidak berusaha untuk mencari nafkah, maka hal ini perlu menjadi pertimbangan.

“Lakukan proses negosiasi untuk mencari solusi terbaik. Jika solusi tidak ditemukan, maka suami istri dapat berkonsultasi dengan pihak ketiga,” imbuhnya.

Pihak ketiga yang dimaksud oleh Nana antara lain konselor pernikahan, keluarga, dan sosok yang mampu membantu mencari jalan keluar. Kemudian, Nana juga menekankan, suami-istri diharapkan bisa tetap menjalankan fungsi-fungsi yang benar dalam berumah tangga.

Hal yang paling penting adalah tidak ada tugas yang terbengkalai, dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.


Related

Romance 2648283878920267539
item