Begini Cara Membangun Brand dan Personal Branding yang Kuat

Begini Cara Membangun Brand dan Personal Branding yang Kuat

Naviri Magazine - Kunci sukses brand, baik merek dagang maupun personal brand, tak hanya dipengaruhi keunikan atau inovasinya. Pakar Branding, Amalia Maulana, mengatakan, kekuatan suatu brand (merek dagang atau personal), punya pengaruh besar terhadap kesuksesan suatu produk atau seseorang dalam kariernya. Brand yang kuat akan lebih mampu bertahan dalam persaingan.

"Mereka sudah punya pengikut setianya sendiri. Sekalipun ada banyak saingan, tapi pengikut setia tidak akan berpaling dari brand Anda," kata Amalia saat sharing session Brandmate: Mengubah Just Friend Menjadi Soulmate di Jakarta Barat.

Bagaimana dengan brand Anda? Sudahkah brand Anda dikenal dan melekat erat di pikiran orang lain? Kenali tanda-tanda brand yang kuat berikut ini:

Dikenal

Bila bicara merek dagang, sebuah brand yang kuat sudah pasti dikenal baik oleh target konsumen yang ditentukan.

"Setiap bisnis harus selalu memiliki target konsumen yang disasar, sesuai dengan jenis produk atau jasa yang dimiliki. Oleh karenanya sangat penting, brand Anda harus dikenal oleh target market Anda sendiri. Tidak harus selalu dikenal semua lapisan, yang penting pesan brand sudah sesuai dengan target konsumen," katanya.

Sementara, jika bicara personal branding, bagaimana diri Anda dikenal oleh orang-orang yang berhubungan dengan Anda dalam pekerjaan, kehidupan pribadi, komunitas, keluarga, akan menentukan seberapa kuat sosok Anda ada dalam benak mereka.

Disukai

Setelah dikenal, sebuah brand yang kuat sudah pasti disukai. Amalia mengatakan, brand yang disukai memiliki persepsi yang baik, dan juga memiliki citra yang baik di mata konsumennya, atau dipersepsikan oleh orang lain jika bicara personal brand.

Misalnya, sebuah produk minuman disukai karena memiliki kualitas baik dan konsisten menjaga kualitasnya, atau sebuah produk disukai karena kemasannya yang menarik. Sementara kalau bicara personal brand, bagaimana seseorang dikenal oleh banyak pihak dan ia juga disukai oleh semua orang.

Dipilih

Brand yang kuat pasti memiliki daya jual yang lebih tinggi, dan menjadi pilihan prioritas dibandingkan yang lainnya. Sekalipun banyak produk serupa yang ditawarkan di pasaran, konsumen tak akan berpaling ke brand lainnya.

"Ini adalah proses terberat dalam proses branding, karena cukup sulit untuk membuat konsumen mau memilih brand, kembali memilih dan tidak mau yang lain," kata perempuan yang juga berprofesi sebagai dosen di sekolah bisnis ini.

Sedangkan dalam personal branding, seseorang yang memiliki brand kuat akan dengan mudah dipilih karena kualitas yang dimiliki. Jangan heran bila ada atasan yang hanya percaya satu orang dalam menjalankan tugas tertentu.

Atau saat wawancara kerja, seseorang dengan personal brand yang kuat akan lebih mudah menarik perhatian dan mendapatkan pekerjaan dalam waktu singkat. Perusahaan takkan lama memutuskan untuk merekrut seseorang dengan personal brand yang kuat.

Memiliki brand ambassador

Sebuah brand akan sangat kuat ketika memiliki brand ambassador. Hanya saja, brand ambassador ini bukan sosok selebriti yang didapuk untuk mewakili brand. Brand ambassador yang dimaksud adalah konsumen setia yang sudah kenal baik dengan brand, yang tanpa disadari akan mengajak orang-orang lain untuk ikut memilih brand Anda.

"Konsumen setia itu akan memberi referensi kepada orang lain untuk ikut memilih brand Anda, karena dianggap memiliki banyak kelebihan dibanding brand lain," ujarnya.

Dalam personal branding, brand ambassador adalah teman, keluarga, kolega, yang selalu bicara positif tentang Anda, bahkan merekomendasikan Anda pada setiap kesempatan.

Memiliki brand guardian

"Pencapaian terbesar sebuah brand adalah memiliki brand guardian atau kelompok pembelanya," kata Amalia.

Kelompok pembela ini akan dengan sukarela membantu brand Anda ketika menghadapi masalah.

Jadi, kalau sebuah merek dagang mendapatkan kesan negatif dari sebagian konsumen, maka konsumen lain (brand guardian) akan membelanya. Sedangkan dalam personal branding, kalau ada pihak tertentu yang menjelekkan nama Anda dan merusak reputasi, selalu akan ada orang-orang (brand guardian) yang menyelamatkan reputasi Anda, karena mereka bicara tulus mengenai siapa Anda yang dikenal baik oleh mereka.

Bagaimana, sudah kuatkah brand Anda?

Baca juga: Nilai Perusahaan Ferrari Mencapai Rp170 Triliun, tapi Tidak Dijual

Related

Career 3268765563115100407

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item