Ini 9 Drama Terkenal Shakespeare, Pujangga Terbesar Inggris

Ini 9 Drama Terkenal Shakespeare, Pujangga Terbesar Inggris

Naviri Magazine - William Shakespeare adalah pujangga terbesar Inggris yang namanya abadi, sebagaimana karya-karyanya yang terus dibaca dari zaman ke zaman. Karya-karya William Shakespeare berupa drama, dan sebagian besar berkisah tentang tragedi. Satu yang pasti dikenal banyak orang di seluruh dunia adalah kisah Romeo and Juliet.

Selain Romeo and Juliet, William Shakespeare juga memiliki karya-karya hebat lain yang abadi, dan berikut ini beberapa di antaranya.

Romeo and Juliet

Di antara banyak karya William Shakespeare, drama Romeo and Juliet yang paling terkenal. Drama ini menceritakan kisah cinta Romeo dan Juliet yang tidak direstui karena keluarga yang saling bermusuhan. Karena kekuatan cinta Romeo dan Juliet, mereka pun menikah diam-diam, dibantu oleh pendeta Lawrence. Akhir ceritanya, kalo Romeo dan Juliet mati, dan keluarganya berdamai.

Hamlet

Hamlet juga karya Shakespeare yang terkenal. Menceritakan kematian ayah pangeran muda, Hamlet, yang berujung balas dendam Hamlet atas kematian ayahnya. Dan ternyata yang harus bertanggung jawab atas kematian itu adalah Claudius, saudara ayahnya, yang punya motif merebut kekuasaan.

Pembalasan Hamlet kepada Claudius dihalangi konspirasi Claudius, yang akhirnya berujung pada kematian Hamlet.

Macbeth

Drama ini menceritakan keserakahan Macbeth. Semula, Macbeth orang baik-baik, saudaranya raja pula. Tapi karena percaya omongan penyihir yang bilang dia akan jadi raja besar, dia pun lupa diri. Apalagi istrinya juga terus mempengaruhi Macbeth agar mempercayai ramalan si penyihir.

Othello

Othello punya istri, Desdemona, dan punya seorang pelayan setia bernama Cassio. Lalu ada Iagio, seorang yang iri hati karena Othello mengangkat Cassio menjadi letnan. Iagio lalu bikin fitnah kalau Desdemona dan Cassio selingkuh, sampai Othello cemburu buta dan berujung kejadian tragis.

Julius Caesar

Julius Caesar saat itu berada di puncak kekuasaan, dan akan menjadi raja. Tapi lalu disingkirkan oleh sahabat karibnya, Cassius dan Brutus. Cassius menyusun konspirasi dengan menulis surat untuk menggulingkan Caesar dari tampuk kekuasaan. Singkat cerita, rencana mareka berhasil, dan Caesar mati.

Antony mempertanyakan alasan Brutus membunuh Caesar, dan akan membalas kematian Caesar. Brutus menganggap Caesar hanya mengejar ambisi kekuasaan, sementara Antony tahu tuduhan itu keliru. Pada akhirnya, kesalahpahaman Brutus terhadap Caesar berujung pada kematian Brutus.

Antony and Cleopatra

Mark Antony, penguasa Kekaisaran Romawi, jatuh cinta pada Ratu Mesir, Cleopatra, sampai dia meninggalkan Roma dan tinggal di Mesir. Padahal, Roma sedang berduka karena kematian istri Antony, juga ada kecemasan karena pasukan Pompey mau memberontak.

Akhirnya, Antony kembali ke Roma dan meminta damai dengan pasukan Pompey. Setelah damai, Antony pergi ke Athena. Lalu Caesar membatalkan perjanjian damai dan berperang, yang kemudian dimenangkan oleh pasukan Caesar.

Peristiwa itu membuat Antony marah dan pergi ke Mesir untuk menemui Cleopatra. Akhirnya, pasukan Antony dan pasukan Caesar berperang, dan pasukan Caesar menang. Antony mati, Cleopatra juga mati.

Cymbeline

Cymbeline, Raja Inggris, memiliki seorang putri bernama Imogen. Imogen saling jatuh cinta dengan Posthumus (cendekiawan Inggris), tapi tidak direstui Cymbeline, bahkan mengusir Posthumus dari Inggris.

Posthumus pergi ke Roma dan menetap di sana. Setelah beberapa lama, sesuatu yang hebat terjadi, yaitu meletusnya perang antara Inggris dengan Roma. Posthumus kembali ke Inggris untuk membela bangsanya, dan Inggris pun memenangkan pertempuran.

King Lear

King Lear memiliki 3 putri. Putri pertama dan putri kedua adalah orang yang punya tutur lembut tetapi tidak sesuai dengan kenyataa, Goneril dan Regan. Sementara putri ketiga bernama Cordelia, gadis belia yang sangat mencintai ayahnya, dan menyampaikan cintanya dengan tutur sederhana, yang kemudian membuat ayahnya marah, dan membagi wilayah kerajaan hanya kepada Goneril dan Regan.

Cordelia menikah dengan Raja Perancis, dan berpamitan kepada dua kakaknya, dan berpesan agar mereka menjaga sang ayah. Tak lama setelah kepergian Cordelia, sifat licik dan serakah kedua kakaknya terihat. Mereka “mengusir” ayahnya dari istananya sendiri.

Akhir cerita, King Lear dan ketiga putrinya mati. King Lear dengan kondisi kritis, Goneril menderita di penjara, Regan diracuni oleh kakaknya, dan Cordelia tertangkap dan mati di penjara oleh pasukan kedua kakaknya.

Timon of Athens

Timon memiliki sifat dermawan, juga boros. Ia dimanfaatkan oleh sahabat dan rakyatnya sendiri, Athena. Timon, yang seorang bangsawan, memiliki banyak harta. Membuat semua orang ingin mendekati dan merayunya, supaya mereka mendapat balasan harta Timon.

Ketika Timon hancur dan tidak punya harta lagi, mereka menjauh, dan itu membuat Timon mengasingkan diri ke hutan dan membenci rakyat Athena.

Baca juga: Kasus Pencurian Otak Albert Einstein Setelah Meninggal Dunia

Related

Figures 3955800059115709933

Recent

item