Ekspedisi Orang-orang Nekad yang Menaklukkan Kutub Utara

Ekspedisi Orang-orang Nekad yang Menaklukkan Kutub Utara

Naviri Magazine - Kutub Utara berada sekitar 450 mil (725 km) dari kepulauan Greenland. Kutub utara bumi tidak sama dengan kutub utara magnetis yang berada pada titik jangka magnetis.

Dalam ilmu bumi, kutub ditempatkan di suatu titik di kedalaman samudra, dengan kedalaman sekitar 13.400 kaki (4.080 m) dan tertutup lempengen gunung es yang mengapung, di mana matahari hanya terbit untuk waktu 6 bulan saja, sedang 6 bulan berikutnya gelap. Dan tempat itu luar biasa dingin.

Para petualang yang pernah mencapai daerah Kutub Utara adalah penjelajah Amerika, Robert E.E. Peary, yang mencapai kutub dengan kereta anjing pada April 1909, dan penjelajah Amerika lainnya, Richard E. Byrd, yang mencapainya dengan pesawat udara pada 9 Mei 1926.

Tiga hari setelah Richard E. Byrd sampai di Kutub Utara, pada 12 Mei 1926, satu regu internasional berisi Roald Amundsen, Lincoln Ellsworth, dan Umberto Nobile, juga mencapai Kutub Utara.

Kapal-kapal yang pertama mengunjungi kutub itu adalah kapal Amerika. Kapal selam nuklir Nautilus (1958) dan Skate (1959). Kapal pemecah es Soviet, Arktika, adalah kapal biasa yang pertama tiba disana (1977).

Ekspedisi-ekspedisi terkemuka lain yang ditetapkan telah menjangkau Kutub Utara adalah:

Perjalanan melintasi daerah kutub pada tahun 1969 dari Alaska ke Svalbard, menggunakan kereta anjing.

Perjalanan ke kutub dan kembali tanpa bekal, terjadi pada tahun 1986, dengan kereta anjing.

Ekspedisi yang terakhir, seorang wanita untuk pertama kalinya menjangkau kutub, bernama Ann Bancroft dari Amerika.

Baca juga: Inilah Tempat Terbasah di Dunia, Hujan Turun Tanpa Henti di Sini

Related

World's Fact 4818879597817635653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item