Subhanallah, Seperti Inilah Gambaran Neraka yang Mengerikan di Akhirat

Seperti Inilah Gambaran Neraka yang Mengerikan di Akhirat

Naviri Magazine - Surga dan neraka dijanjikan sebagai baasan untuk manusia, setelah usai menjalani kehidupan di dunia. Setelah kematian datang, setelah kiamat menghancurkan dunia, dan setelah umat manusia dibangkitkan dari kematian, semuanya akan mendapatkan balasan masing-masing.

Yang menjalani kehidupan dengan baik akan mendapatkan surga, sementara yang menjalani kehidupan buruk akan mendapatkan neraka.

Dalil-dalil adanya surga dan neraka

Dalil-dalil masalah ini dalam al-Qur’an dan as-Sunnah sangat banyak, di antaranya:

Allah berfirman, “Dan bersegeralah kalian kepada ampunan dari Rabb kalian dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.” (Ali Imran: 133)

Allah juga berfirman tentang neraka, “Jika kalian tidak dapat membuat(nya), dan pasti kalian tidak akan dapat membuat(nya), jagalah diri kalian dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (al-Baqarah: 24)

Allah berfirman, “Dan sesungguhnya dia (Nabi Muhammad) telah melihat Jibril (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain. (Yaitu) di Sidratul Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal.” (an-Najm: 13-15)

Adapun dalam sunnah Rasulullah, banyak hadits yang menerangkan masalah ini, di antaranya:

Dari Imran bin Hushain, dari Nabi, “Aku melihat surga, ternyata kebanyakan penghuninya adalah fuqara. Aku pun melihat neraka dan ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita.” (HR. al-Bukhari no. 3241 dan Muslim no. 2738)

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, “Demi Dzat yang jiwa Muhammad di tangan-Nya, kalau kalian melihat apa yang aku lihat, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” Para sahabat berkata, “Apa yang engkau lihat, wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Aku telah melihat surga dan neraka.” (HR. Muslim no. 426)

Telah banyak nash dalam al-Qur’an dan as-Sunnah yang menjelaskan sifat-sifat neraka:

Neraka memiliki tujuh pintu

Allah berfirman, “Jahannam mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka.” (al-Hijr: 44)

Malaikat penjaga neraka

Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan kepada mereka, dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (at-Tahrim: 6)

Dalam ayat lain, “Mereka berseru, ‘Wahai Malik, biarlah Rabbmu membunuh kami saja.’ Dia menjawab, ‘Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)’.” (az-Zukhruf: 77)

Besar neraka

Dari Ibnu Mas’ud, Nabi bersabda, “Didatangkan neraka di hari itu, dalam keadaan ia memiliki 70.000 tali kekang, setiap tali kekang diseret 70.000 malaikat.” (HR. Muslim dan at-Tirmidzi)

Panas neraka

Allah berfirman, “Katakanlah, api neraka Jahannam itu lebih sangat panas(nya), jika mereka mengetahui.” (at-Taubah: 81)

Rasulullah bersabda, “Api kalian, yang dinyalakan bani Adam, adalah satu bagian dari tujuh bagian panasnya api neraka.” (HR. al-Bukhari no. 3265 dan Muslim no. 2843)

Kedalaman neraka

Ketika Rasulullah sedang bersama sahabatnya, tiba-tiba mereka mendengar suara. Beliau berkata, “Tahukah kalian, apakah itu?” Mereka berkata, “Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.” Beliau berkata, “Itu adalah batu yang dilemparkan ke dalam Jahanam sejak tujuh puluh musim yang lalu. Sekarang baru sampai dasarnya.” (HR. Muslim no. 2844)

Makanan dan minuman penduduk neraka

Allah berfirman, “Kemudian sesungguhnya kalian, wahai orang-orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, yang akan memenuhi perut kalian. Sesudah itu, kalian akan meminum air yang sangat panas. Maka kalian minum seperti unta yang sangat haus. Itulah hidangan untuk mereka pada hari pembalasan.” (al-Waqi’ah: 51-56)

Rasulullah bersabda, “Seandainya satu tetes zaqqum menetes di dunia, niscaya akan merusak kehidupan penduduk dunia. Bagaimana (kira-kira pengaruhnya) bagi orang yang memakannya.” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, dan an-Nasa’i, lihat Shahih Jami’ no. 5126)

Allah berfirman, “Sesungguhnya Kami telah menyediakan bagi orang-orang zalim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.” (al-Kahfi: 29)

Allah berfirman, “Di hadapannya ada Jahannam, dan dia akan diberi minuman dengan air nanah.” (Ibrahim: 16)


Related

Moslem World 7334099546966678267

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item