Kisah Tragis Kematian Artis-artis Terkenal dan Legendaris Dunia

Kisah Tragis Kematian Artis-artis Terkenal dan Legendaris Dunia

Naviri Magazine - Artis-artis terkenal selalu mendapat sorotan dan perhatian dunia, tidak hanya kehidupan mereka, tapi juga kematiannya. Pasalnya, ada cukup banyak artis yang mati saat mereka ada di puncak popularitas. Lebih khusus, ada pula yang kematiannya dianggap tidak wajar atau misterius.

Berikut ini adalah artis-artis legendaris yang mati di puncak popularitasnya. Sebagian mati karena sakit tertentu, sebagian lain mati ditembak, sebagian lainnya mati dengan penyebab misterius.

Brittany Murphy (1977-2009)

Ia ditemukan meninggal pada usia 32 tahun dirumahnya di LA. Awalnya diduga karena komplikasi akibat mengonsumsi obat-obatan yang diminum sebelum kematiannya. Tetapi, hasil autopsi menyebutnya sebagai kematian alami akibat gagal jantung.

Padahal aktris yang pernah menjadi kekasih Ashton Kutcher ini sedang berada di masa kejayaannya pada 2008-2009, dan telah membintangi banyak film berkualitas seperti 8 mile, Just Married, Clueless, Sin City, dan lain-lain.

Tupac Shakur (1971-1996) 

Tupac Amaru Shakur lahir di New York City, New York, Amerika Serikat, 16 Juni 1971. Dalam Guinness Book of World Records, ia dikenal sebagai rapper tersukses dunia, karena menjual lebih dari 73 juta kopi album di dunia, termasuk 44,5 juta di AS. Kebanyakan lagu Shakur mengenai kekerasan di ghetto, rasisme, masalah sosial, dan kadang pertengkarannya dengan rapper lain.

Pada 7 September 1996, Shakur ditembak 4 kali dalam sebuah drive-by shooting di Las Vegas, Nevada. Pada 13 September 1996, enam hari sesudah ditembak, Shakur tewas karena kegagalan pernapasan dan gagal jantung

Marilyn Monroe (1926-1962)

Terlahir dengan nama Norma Jeane Mortenson, Marilyn Monroe adalah aktris, penyanyi, juga model terkenal asal Amerika Serikat. Dia merupakan bintang film dan simbol seks paling terkenal pada abad ke-20.

Sosoknya adalah inspirasi bagi banyak bintang baru masa kini, seperti yang terlihat jelas pada Madonna di awal kariernya. Sampai saat ini, salah satu ikon pop yang paling dikenal dunia adalah sosok Marylin Monroe yang berdiri di atas saluran udara subway dengan rok yang terkembang.

Kehidupan Marilyn Monroe berakhir mengenaskan. Dia ditemukan tewas di rumahnya, yang dipercaya sebagai akibat tindakan bunuh diri karena overdosis obat tidur.

Hingga kini, berbagai teori konspirasi menyangkut kematian Marylin Monroe masih menjadi pokok pembahasan, khususnya bagi para penggemarnya. Mulai dari keterlibatan keluarga Kennedy untuk membunuh Marylin Monroe, sampai teori bahwa Marilyn Monroe dibunuh oleh mafia.

Amy Winehouse (1983-2011)

Amy Jade Winehouse adalah penyanyi dan pencipta lagu soul, jazz, dan R&B, dari Inggris. Ia dilahirkan di Southgate, London. Ayahnya Mitchell Winehouse, dan ibunya bernama Janis.

Pada usia 10, Amy mendirikan duo rap, Sweet 'n' Sour. Ia belajar gitar pada usia 13. Ketika berusia 16 tahun, ia mulai menyanyi secara profesional, setelah temannya, Tyler James, memberikan kaset demonya ke sebuah studio. Ia dikontrak oleh studio Island/Universal, di bawah manajemen Simon Fuller (pencipta pop idol).

Winehouse meninggal pada usia 27 tahun, pada 23 Juli 2011, di rumahnya di London. Polisi setempat mengatakan bahwa penyebab kematiannya belum dapat dijelaskan.

Selena (1971-1995)

Selena Quintanilla-Pérez, atau dikenal dengan nama panggung Selena, adalah penyanyi populer di era 90an. Di dunia musik Latin, ia disetarakan dengan Madonna, berkat penjualan dan kepopuleran album dan single yang selalu masuk top chart, bukan hanya di Amerika Latin tapi juga di US.

Sayangnya, di tengah kesuksesan itu, dia tewas. Waktu itu, usia Selena baru 23, dan sedang merampungkan album berbahasa Inggris pertamanya. Ia ditembak mati oleh ketua fansclub-nya sendiri, yang kemudian juga menembak dirinya sendiri setelah membunuh Selena di Texas.

Kisah itu memberi inspirasi atas lahirnya film berjudul Selena, oleh Warner Bros pada 1997, yang diperankan oleh Jennifer Lopez, dan menjadi film yang akhirnya mengangkat karir J.Lo di Hollywood.

Heath Ledger (1979-2008)

Heathcliff Andrew Ledger adalah aktor asal Australia. Setelah muncul di televisi Australia pada 1990-an, ia pindah ke film dan terjun ke Hollywood. Ia membintangi film-film seperti The Patriot, Monster's Ball, Brokeback Mountain, dan The Dark Knight.

Pada 2005, Ledger mendapatkan nominasi aktor terbaik Golden Globe untuk perannya dalam Brokeback Mountain, sebagai seorang koboy gay. Untuk peran yang sama, ia mendapatkan gelar "Best Actor of 2005" dari New York Film Critics Circle dan San Francisco Film Critics Circle.

Pada 22 Januari 2008, Ledger ditemukan meninggal di apartemennya di daerah SoHo, New York City. Jenazahnya ditemukan pada pukul 15:26 dengan sejumlah obat tidur.

Hasil forensik menunjukkan bahwa ia meninggal karena efek samping enam macam obat yang dikonsumsi dalam waktu bersamaan. Uniknya, setelah meninggal dunia, ia masih memperoleh Piala Oscar dan Golden Globe sebagai pemeran pembantu pria terbaik dalam film The Dark Knight.

Brandon Lee (1965-1993) 

Brandon Lee merupakan aktor berkebangsaan Amerika Serikat keturunan Tiongkok, Jerman, Inggris, dan Swedia. Brandon adalah putra aktor film laga kung-fu kawakan sekaligus penemu Jeet Kune Do, Bruce Lee, yang juga tewas secara tragis di tengah karirnya yang menanjak.

Brandon dilahirkan di Oakland, California. Berkarier di dunia film sejak 1986 sampai kematiannya pada tahun 1993, dalam proses syuting film terakhirnya, The Crow (dirilis tahun 1994).

Kematian Brandon Lee adalah kenyataan pahit mengenai kecelakaan dalam penggunaan peluru hampa di industri perfilman Hollywood. Hal ini terjadi karena amunisi palsu yang digunakan dalam syuting film The Crow hanya dikosongkan dari mesiu, namun masih menggunakan proyektil peluru yang terpasang di amunisi.

Brandon Lee meninggal karena primer di selongsong peluru yang digunakan masih dapat memicu ledakan kecil, yang cukup untuk mendorong peluru keluar dari senapan. Juga karena ditembakkan dalam jarak dekat, hingga mengenai bagian abdomen Brandon Lee.

Freddy Mercury (1946-1991) 

Freddie Mercury adalah vokalis grup musik rock, Queen, asal Britania Raya, yang bernama asli Farrokh Bulsara. Semasa duduk di bangku sekolah, kawan-kawannya menjulukinya "Freddie", sehingga akhirnya keluarganya juga memanggil dia Freddie.

Dalam dunia musik internasional, nama Freddie Mercury adalah salah satu legenda musik rock. Karya-karyanya termasuk abadi yang didengar segala usia. Dia dilahirkan dengan bakat dalam bidang seni yang luar biasa, sehingga tak ada satu pun grup musik yang bisa menyaingi lagu-lagu yang digubahnya.

Banyak grup rock modern yang menganggapnya sebagai panutan, seperti Guns N' Roses, Metallica, hingga XPDC. Sayangnya, Freddie Mercury meninggal akibat AIDS pada 24 November 1991.

Elvis Presley (1935-1977)

Elvis Aaron Presley adalah penyanyi rock 'n' roll legendaris Amerika Serikat. Ia juga seorang produser musik dan aktor. Julukannya adalah "Raja Rock 'n' Roll". Berkat lagu-lagunya yang memadukan irama rock 'n' roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock 'n' roll memperoleh fondasi komersial yang selanjutnya dapat dikembangkan musisi rock 'n' roll penerusnya.

Gaya, sifat, serta cara berpakaiannya, menjadi simbol bagi musik rock 'n' roll, dan banyak ditiru penggemarnya.

Akibat kecanduan obat-obat dokter, seperti obat tidur, kesehatan dan penampilannya mengalami penurunan pada sekitar pertengahan 1970-an. Ia tampil untuk terakhir kali dalam sebuah konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana, pada 26 Juni 1977.

Pada 16 Agustus 1977, Elvis ditemukan meninggal dunia di rumahnya, di Graceland, Memphis, akibat serangan jantung. Saat itu ia berusia 42 tahun. Uniknya, kematian itu tidak dipercaya oleh para penggemar fanatiknya, dan menduga bahwa sang raja hanya menikmati masa pensiunnya, dan bersembunyi dari media dengan mengganti identitasnya.

Michael Jackson (1958-2009)

Siapa yang tidak kenal Jacko? Bernama asli Michael Joseph Jackson, ia adalah penyanyi dan penulis lagu dari Amerika Serikat. Ia terkenal sebagai "King Of Pop" dan memopulerkan gerakan dansa "Moonwalk" yang telah menjadi ciri khasnya.

Penghargaan-penghargaan yang telah dia raih termasuk beberapa kali Guinness World Records—termasuk thriller sebagai album terlaris di dunia—13 Grammy Awards, 13 single nomor 1 dalam solo kariernya—dan penjualan 750 juta kopi album di seluruh dunia.

Hidup Jackson sangat terkenal di dunia, didampingi kariernya yang sangat sukses, membuatnya menjadi bagian dari kebudayaan pop selama 4 dekade. Dia bahkan sering disebut sebagai salah satu pria paling terkenal di dunia.

Michael Jackson merencanakan untuk menggelar konser terakhirnya di O2 Arena, London. Jackson menamai konser ini dengan nama This Is It Michael Jackson.

Konser itu rencananya akan dilaksanakan pada 25 Juli 2009. Namun, satu bulan sebelumnya, Michael Jackson meninggal dunia di rumahnya, di Los Angeles, pada Kamis, 25 Juni 2009, pukul 14:26 waktu setempat. Ia tidak sadarkan diri setelah mengalami gagal jantung (cardiac arrest). Ia diduga mengalami gagal jantung, sesaat setelah diberi suntikan demerol.

Bruce Lee (1940-1973)

Bruce Jun Fan Lee adalah aktor bela diri China (Hong Kong), tinggal di Amerika Serikat. Bruce Lee lahir di Amerika, namun masa kecil hingga remaja tinggal di Hong Kong. Sejak kecil, Bruce sudah banyak berakting dalam perfilman Hong Kong. Pada masa remaja, ia pindah ke Amerika, dan menikah di sana.

Kematiannya hingga kini menjadi kontroversi, karena pada dasarnya ia tidak memiliki riwayat penyakit berat. Selain itu, di akhir hayatnya, ia meregang nyawa di kamar apartemen aktris Betty Ting Pei, setelah meminum obat sakit kepala yang diberikan Betty. Hasil otopsi menemukan bahwa kematiannya akibat over sensitive terhadap kandungan zat di obat tersebut.

Baca juga: Kisah 10 Musisi Indonesia yang Pernah Mengalami Pencekalan

Related

Celebrity 4563485871014144296

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item