Memahami Makna Rahasia di Balik Simbol-simbol Illuminati

Memahami Makna Rahasia di Balik Simbol-simbol Illuminati

Naviri Magazine - Illuminati adalah kepercayaan bahwa pengetahuan adalah segala-galanya, dan tidak ada lagi misteri karena semua ada jawabannya. Pengetahuan itu berpusat pada satu titik yang dilambangkan dengan satu mata, The All Seeing Eye.

lluminati berasal dari bahasa Yunani, yang memiliki makna ‘illumination’ atau ‘penerangan’.

Istilah All Seeing Eye terkenal seiring kita mengenal Illuminati. Istilah ini berarti “mata yang melihat semua,” yaitu sebuah mata (mata Lucifer/Dajjal) yang melihat segala sesuatu, terutama melihat dan mengontrol semua manusia di dunia.

Illuminati adalah gerakan organisasi yang didirikan pada 1 Mei 1776 oleh Dr. Adam Weishaupt, seorang profesor dari Canon Law at Ingolstadt University, sekaligus mantan Jesuit. Ada salah satu sumber yang mengatakan pendirian Illuminati yang jatuh pada 1 Mei dikaitkan dengan Revolusi Rusia yang terjadi pada 1 Mei, dan pemillihan tahun 1776 dikaitkan dengan Revolusi Amerika pada 1776.

Menurut teori tersebut, Illuminati disebut berada di balik bayang-bayang setiap revolusi negara-negara di dunia. Adam Weishaupt awalnya merupakan didikan Jesuit, dan seperti orang-orang lainnya pada masa itu, mencari ilmu setinggi-tingginya.

Illuminati yang dibangunnya terdiri dari mereka yang mendukung cita-cita yang dianggap Illuminati (pencerahan): Kebebasan berpikir, persamaan di antara kelompok masyarakat, dan ide-ide yang menurut mereka logis namun dianggap sesat oleh para pihak berwenang. Perlu diketahui bahwa pada saat itu untuk berpikir bebas seperti sekarang sangat dilarang.

Inkuisisi (sidang Vatikan terhadap mereka yang dianggap menentang ajaran Vatikan) pada saat itu telah menjadi ancaman masyarakat Eropa yang mencoba keluar dari jalur-jalur pemikiran Vatikan. Kisah Galileo adalah salah satu contoh bagaimana kerasnya pengawasan berpikir pada saat itu.

Illuminati memang unik. Banyak teori yang menyebutkan bahwa mereka telah menjadi aktor di balik munculnya mesin yang mulai menggantikan manusia, dan munculnya suatu persamaan golongan dalam masyarakat yang semuanya seakan serentak terjadi pada abad ke-18.

Hal ini juga ditegaskan oleh Augustin Barruel dan John Robison lewat bukunya, yang mengatakan bahwa illuminati telah berdiri di balik bayang-bayang revolusi Prancis. Pemaparan mereka memang terkesan aneh, dimana mereka mengaitkan Illuminati dan Freemason. Illuminati selalu dikaitkan dengan Freemason, dan jika ditinjau dari tujuan mereka, memang sama, ingin menguasai dunia.

Eye Of Providence

Simbol ini terinspirasi dari salah satu dewa Mesir yang juga dilambangkan dengan satu mata, yaitu Dewa Horus. Dewa Horus merupakan Dewa Matahari bangsa Mesir. Illuminati terinspirasi menggunakan simbol ini, mungkin juga sebagai perwujudan dari 'Pencerahan'.

Annuit Coeptis

Secara historis, motto Annuit Coeptis dapat ditelusuri pada baris-baris sajak penyair Romawi, Virgil, yang hidup pada abad pertama sebelum Masehi. Annuit Coeptis berasal dari sajak Aeneid, buku IX baris ke 625, yang berisi kalimat “Iuppiter omnipotens, audacibus annue coeptis.”

Sebuah doa yang diucapkan Ascanius, putra pahlawan dalam mitologi Romawi, Aenas, yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai “Jupiter Almighty, favour daring undertaking.”

Rujukan lain dari karya Virgil juga memuat frase ini, yakni pada The Georgic (buku I, baris ke 40) yang berbunyi, “Da facilem cursum, atque audacibus annue coeptis.” (Give me an easy course, and favour my daring undertaking).”

Novus Ordo Seclorum

Novus Ordo Seclorum (New Order of the Ages) adalah kalimat lain dalam simbol Eye of Providence yang menggantikan frase Deo Favente Perennis pada lambang rancangan Barton (simbol lama). Simbol revisi ini mulai menghiasi lembaran satu dollar Amerika pada 1935.

Orang-orang abad pertengahan menginterpretasikan sajak Virgil tersebut sebagai ramalan. Belakangan, terjemahan modern yang digunakan dalam The Great Seal tak lagi terkait dengan aspek religius. Thompson menerjemahkan Novus Ordo Seclorum sebagai “A new order of the ages”, lebih untuk menandai dimulainya era Amerika baru (the beginning of new American era) pasca deklarasi kemerdekaan 4 Juli.

Piramida 13 tingkat

Entah mengapa perkumpulan rahasia sering memakai angka 13, mungkin ini sudah menjadi semacam 'Lucky Number' bagi perkumpulan rahasia. Bahkan kata 'Annuit Coeptis' terdiri dari 13 huruf. Sekadar info, Illuminati juga memiliki 13 garis keturunan.

Baca juga: Misteri Amber Room, Harta Karun dengan Kutukan Mematikan

Related

Mistery 2726386651208311609
item