Misteri Rama Bridge, Jembatan Kuno Berusia 1 Juta Tahun Lebih

Misteri Rama Bridge, Jembatan Kuno Berusia 1 Juta Tahun Lebih

Naviri Magazine - Adam Bridge, atau yang kerap dijuluki Rama Bridge, merupakan salah satu "mysterious places in the world's". Jembatan purba misterius sepanjang 18 mil (30 Km) yang menghubungkan Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India) itu, diperkirakan telah berumur 1.000.000 tahun lebih!

Citra Rama Bridge sangat mudah terlihat dari atas permukaan laut, karena letaknya tidak terlalu dalam, hanya tergenang sedalam kira-kira 1,2 meter (jika air laut sedang surut).

Status jembatan tersebut masih misteri hingga saat ini. Menurut taksiran para ahli, diperkirakan Rama Bridge sangat erat kaitannya dengan epos terkenal India, Ramayana.

Srilankan Archeology Department telah mengeluarkan statemen yang menyebutkan usia Rama Bridge mungkin berkisar antara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Namun, apakah jembatan ini benar-benar terbentuk secara alami, ataukah merupakan karya manusia, belum bisa mereka terangkan.

S.U. Deraniyagala, Direktur Jenderal Arkeologi Srilanka, yang juga merupakan pengarang buku "Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence", mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun silam.

Walaupun, menurut para sejarawan, peradaban paling awal di daratan India adalah peradaban bangsa Ca, hal itu bukan suatu jaminan bahwa terdapat peradaban yang lebih tua lagi dari mereka sebelumnya.

Para ilmuwan menaksir bahwa mungkin jembatan purba ini dibangun setelah daratan Srilanka terpisah oleh India jutaan tahun silam.

Di dalam epos Ramayana, jembatan itu dibangun oleh para pasukan manusia kera, Di bawah pengawasan Rama. Maksud dari pembangunannya ialah sebagai tempat penyebrangan menuju Negeri Alengka, dalam misi untuk menyelamatkan Dewi Shinta, yang saat itu ada dalam penculikan Raja Kerajaan Alengka, yaitu Rahwana.

Epos Ramayana, menurut kalender Hindu, seharusnya berada pada masa Tredha Yuga. Sedangkan menurut cakram masa evolusi Hindu/cakram Hinduism, epos tersebut terbagi pada masa Sathya (1.728.000 tahun), Tredha (1.296.000 tahun), Dwapara (8.64.000 tahun), dan Kali (4.32.000 tahun).

Tahap sekarang, menurut kalender mereka, ialah Kali. Berarti, menurut Epos tersebut, usia Rama Bridge berkisar 1.700.000 tahun.

Baca juga: Kisah Nyi Roro Kidul, Putri Kerajaan yang Jadi Penguasa Lautan

Related

World's Fact 3883206194004644840

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item