Notifikasi Ponsel, Pengingat Pesan yang Bisa Bikin Frustrasi

Notifikasi Ponsel, Pengingat Pesan yang Bisa Bikin Frustrasi

Naviri Magazine - Pemilik ponsel pasti mengenal salah satu fitur ponsel kekinian, yaitu notifikasi atau pengingat adanya suatu pesan yang masuk, atau pesan-pesan lain. Bagi yang menggunakan media sosial lewat ponsel, notifikasi bisa dipastikan akan terus menerus muncul, untuk memberitahu ada respons dari seseorang terkait status atau tweet yang kita tulis, dan lain-lain.

Notifikasi bisa membuat orang senang, namun bisa jadi juga bisa membuat orang jengkel, bahkan frustrasi. Karena itu, banyak orang yang sengaja mematikan ponsel di waktu-waktu tertentu, demi tidak mendengar notifikasi.

Sebuah hasil riset yang termuat dalam jurnal “NotiMind: Utilizing Responses to Smart Phone Notifications as Affective Sensors” (2017) oleh Eiman Kanjo dan rekan dari Nottingham Trent University, mengungkapkan bahwa notifikasi dapat menyebabkan perasaan negatif, seperti rasa kesal, gugup, takut, dan malu. Riset ini memakai aplikasi bernama NotiMind untuk membantu proses pengumpulan data.

Dari sebanyak 50 partisipan yang sukarela memasang NotiMind, periset mengirimkan ribuan notifikasi dalam lima pekan. Hasilnya, 32 persen mengalami perasaan negatif. Pada notifikasi yang tak berhubungan langsung dengan pengguna, seperti update sistem, dampaknya lebih buruk bagi penerima.

“Sudah sangat jelas bahwa notifikasi dari aplikasi bertema sosial membuat orang bahagia. Tapi ketika mereka menerima banyak notifikasi terkait pekerjaan dan atau non-manusia, efek sebaliknya terjadi,” kata Kanjo pada The Telegraph.

Namun, notifikasi terkadang tak berkorelasi dengan perasaan negatif. Riset itu mengatakan bahwa notifikasi pesan yang berasal dari teman, justru disukai oleh partisipan. Penerima notifikasi merasakan sensasi hubungan yang dekat dengan kelompok sosial mereka.

M. Pielot, dalam “An in-situ Study of Mobile Phone Notifications,” yang ada dalam ulasan riset Kanjo, mengatakan bahwa ada perbedaan waktu respons pengguna terhadap notifikasi yang masuk.

Pada akhir pekan, waktu 3,5 menit merupakan lama waktu pengguna smartphone merespons notifikasi pesan, dan respons menerima email butuh 27,7 menit. Ini tak terlalu mengherankan. Email umumnya berhubungan dengan pekerjaan atau kegiatan-kegiatan formal lainnya, yang dihindari saat akhir pekan.


Related

Smartphone 4099277062465773229

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item