Orang Indonesia Lebih Konsumtif Dibanding Malaysia dan Singapura

Orang Indonesia Lebih Konsumtif Dibanding Malaysia dan Singapura

Naviri Magazine - Dalam lima tahun terakhir, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sangat tinggi. Jika volume konsumsi masyarakat Singapura mencapai USD 84 miliar dan Malaysia USD 147 miliar, maka Indonesia mencapai USD 481 miliar.

"80 persen transaksi masih menggunakan uang tunai," ujar Direktur Ritel dan Perbankan Mikro Bank Mandiri, Herry Gunardi.

Kondisi tersebut membuka peluang perbankan untuk membuat sistem pembayaran elektronik, guna mendukung terciptanya cashless society.

Untuk itu, Bank Mandiri meluncurkan Mandiri e-cash, yang merupakan instrumen pembayaran elektronik berbasis mobile. Dengan alat pembayaran ini, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan ponsel.

"Solusi dalam memperkecil kendala penggunaan uang tunai adalah dengan uang elektronik. Dengan menggunakan uang elektronik, maka diharapkan ada penurunan transaksi uang tunai secara signifikan, dan migrasi ke elektronik," jelas dia.

Transaksi e-commerce tumbuh rata-rata 30 persen per tahun. Tahun lalu, total volume transaksinya mencapai Rp 9 triliun.

Baca juga: Saran untuk Generasi Milenial yang Ingin Punya Rumah Sendiri

Related

World's Fact 1052412999734704972

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item