Roger Garaudy, Penulis dan Filsuf Muslim Terkenal Prancis

Roger Garaudy, Penulis dan Filsuf Muslim Terkenal Prancis

Naviri Magazine - Dilahirkan di Marseille, pada 17 Juli 1913, Roger Garaudy adalah pengarang sekaligus filsuf Prancis yang sangat terkenal. Sebagai anggota komunis Prancis, ia mencoba mendamaikan marxisme dan agama Katolik pada tahun 1970-an, tapi kemudian meninggalkan semua doktrin tersebut dan masuk Islam pada 1982.

Roger Garaudy juga termasuk orang yang menyangkal terjadinya Holocaust (peristiwa pembasmian Yahudi oleh Nazi). Penyangkalan yang ia tulis dalam buku tersebut berbuah pengadilan di Prancis pada tahun 1998, yang lalu mendakwanya bersalah dan mendenda sebesar 40 ribu dollar. Pemerintah Iran, sebagai bentuk dukungan terhadap Garaudy, membayar sebagian denda tersebut.

Bagi masyarakat muslim, Garaudy dianggap sebagai “juru bicara Islam bagi orang-orang di dunia Barat”. Di dalam salah satu bukunya, “Promesses de l’Islam”, Garaudy menulis, “Semenjak berabad-abad, Barat menyalahpahami Islam, dan menganggapnya sebagai musuh yang sangat berbahaya.

“Kebangkitan Islam dan naik turunnya ajakan kepada syariat sering menimbulkan rasa curiga dan gelisah Barat. Sikap semacam itulah yang kemudian membenarkan serbuan-serbuan kolonial dan imperial Barat, yang sekaligus membebaskan mereka dari mengakui kejahatan dan tanggung jawabnya.”

Roger Garaudy telah menulis lebih dari 50 buku, terutama dalam bidang filsafat, politik, dan Marxisme. Beberapa di antaranya adalah “Avons-nous Besoin de Dieu?”, “Call to the Living”, dan “Dieu est Mort”.

Baca juga: Mansa Musa, Raja Muslim Afrika Terkaya Sepanjang Sejarah

Related

Moslem World 4629189033008915266

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item