Tom Morello, Musisi yang Menjadi Aktivis Terkenal Amerika

Tom Morello, Musisi yang Menjadi Aktivis Terkenal Amerika

Naviri Magazine - Dunia mengenal Tom Morello sebagai gitaris Rage Against the Machine. Namun, Tom Morello bukan hanya musisi, namun juga aktivis yang kerap ikut turun ke jalan, berdemontrasi bersama para aktivis lainnya.

Pada April 2001, misalnya. Sekitar 2.000 orang turun meramaikan jalanan Los Angeles. Di tengah cuaca malam yang cukup dingin, mereka berteriak lantang menyerukan tuntutan agar pekerja imigran dipenuhi hak-haknya secara layak.

Di antara ribuan orang yang hadir pada malam itu, terselip satu nama musisi kondang, Tom Morello. Bersama kawannya, Ben Harper, Morello menyanyikan tiga lagu dalam format akustik. Tiga lagu yang dibawakan Morello memuat kritik sosial.

“Dalam era politik yang kelam ini, penting bagi kita untuk saling membela,” kata Morello kepada MTV News sebelum pawai dimulai. “[...] Kami di sini datang untuk mengekspresikan solidaritas kepada mereka, untuk membantu mereka berserikat, dan menghapuskan kesenjangan yang ada.”

Sementara para pemrotes terus meneriakkan tuntutannya, puluhan polisi mulai membikin situasi jadi kacau dengan melakukan penangkapan. Terdapat 400 orang yang diringkus dan Morello berada di dalamnya, karena dianggap memblokade jalan masuk utama Bandara Internasional Los Angeles.

Morello kemudian ditahan sebelum akhirnya dibebaskan keesokan harinya, selepas membayar jaminan sebesar 5.000 dolar.

Baca juga: Misteri Kematian Bruce Lee Akhirnya Terungkap

Related

Celebrity 3421676415192506603

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item