Zimbabwe, Negara dengan Inflasi Paling Gila-gilaan di Dunia

Zimbabwe, Negara dengan Inflasi Paling Gila-gilaan di Dunia

Naviri Magazine - Zimbabwe dilanda bencana inflasi yang menggerus negara itu menjadi bangsa yang sangat miskin. Pendapatan per kapita di negara ini hanya sebesar US$ 395.

Inflasi tinggi yang terjadi sejak 2007 menyebabkan pemerintah Zimbabwe sampai mengeluarkan uang pecahan dalam nilai milyaran bahkan trilyunan dollar, sementara harga-harga barang naik tanpa bisa dikendalikan.

Satu butir telur di Zimbabwe bisa seharga 100 milyar dollar, hingga orang-orang di sana sampai membawa uang memakai ember atau gerobak ketika berbelanja ke toko atau swalayan.

Karena tingkat inflasi yang sulit dikendalikan, harga-harga barang di Zimbabwe pun seperti binatang liar. Dalam satu hari, harga sebutir apel bisa naik turun drastis, dari 70 dollar menjadi 1 juta dollar keesokan harinya.

Pergantian dan naik turunnya harga itu bahkan sering kali tidak dalam hitungan hari, melainkan detik. Hingga para karyawan toko dan swalayan sering kali harus terus mengganti-ganti label harga demi menyesuaikan tingkat inflasi yang terjadi.

Masalah ekonomi yang sedemikian parah tidak hanya menjadikan rakat negara itu terhimpit kesusahan dan kemiskinan, tapi juga berefek pada kesehatan dan perkiraan angka harapan hidup.

Zimbabwe telah menjadi negara dengan angka harapan hidup yang sangat rendah (37 tahun untuk pria, dan 34 tahun untuk wanita). Sementara itu, di tengah-tengah berbagai masalah yang sudah ada, Zimbabwe juga menghadapi penyebaran HIV/AIDS yang menjadi penyebab kematian tertinggi di sana.

Baca juga: Eritrea, Negara dengan Aneka Masalah yang Memprihatinkan

Related

World's Fact 5428609854321514964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item