Asal Usul Ivy League, Universitas Termahal dan Bergengsi di Dunia

Asal Usul Ivy League, Universitas Termahal dan Bergengsi di Dunia

Naviri Magazine - Ivy League adalah julukan bagi delapan kampus swasta mahal dan prestisius di AS, yakni University of Pennsylvania, Columbia University, Yale University, Princeton University, Brown University, Dartmouth University, Cornell University, dan Harvard University.

Yang bikin kampus Ivy League terkesan istimewa, salah satunya adalah unsur nostalgia. Beberapa kampus anggota Ivy League berdiri pada tahun 1800-an, masa di mana pemerintah AS belum menyediakan dana untuk membangun lembaga pendidikan. Walhasil, banyak kampus dibangun oleh yayasan-yayasan keagamaan.

Situs Ivy League mencatat istilah "Ivy League" baru muncul pada 1933 untuk menyebut kampus-kampus yang ikut serta dalam pertandingan olahraga antar kampus. Kata "Ivy" digunakan karena para mahasiswa punya tradisi menanam tanaman ivy di depan bangunan kampus.

Liga olahraga ini lantas jadi agenda rutin yang diikuti oleh sejumlah kampus elit pada masanya. Lambat laun, terbentuklah panitia resmi yang mengatur segala keperluan teknis pertandingan, dan liga tersebut jadi salah satu acara besar di AS yang kelak melambungkan nama-nama kampus yang terlibat.

Tadinya, kampus Ivy League hanya diperuntukkan bagi pria. Institusi tersebut baru terbuka bagi wanita pada awal 1970-an.

Harvard dikenal sebagai universitas penerima dana sumbangan besar dari orangtua calon mahasiswa. Total jumlahnya mencapai puluhan miliar dolar. Uang sebanyak itu dialokasikan untuk proyek penelitian mahasiswa dan aktivitas amal. Berbagai aktivitas penelitian inilah yang membuat banyak orang menganggap Harvard sebagai salah satu kampus terbaik di dunia.

Related

World's Fact 8743465695876292302
item