Ini 44 Ciri dan Sifat Wanita Berdasarkan Falsafah Jawa

Ini 44 Ciri dan Sifat Wanita Berdasarkan Falsafah Jawa

Naviri Magazine - Orang-orang Jawa mengenl ilmu titen, yaitu pengetahuan yang didapat dari kebiasaan memperhatikan. Karenanya, masyarakat Jawa memiliki warisan tradisional yang biasanya diwariskan turun temurun, dari satu generasi ke generasi, berupa kepercayaan-kepercayaan tertentu.

Ilmu titen ala orang Jawa terkait pada banyak hal. Dari tanda-tanda akan terjadinya bencana, hingga cara mengenali sifat dan kepribadian orang. Dalam hal itu, orang Jawa juga mengembangkan pengetahuan terkait kepribadian wanita, karena dianggap penting sebagai semacam panduan dalam memilih pasangan.

Terkait hal itu, berikut ini adalah 44 ciri dan sifat wanita, berdasarkan pengetahuan atau falsafah Jawa.

1) Beras Tumpah 

Kulit kuning, rambut lembut hingga ke hujung, buah dada besar, di telinga ada tahi lalat. Dia lekas naik darah dan pemboros, serta suka bertengkar dengan suami.

2) Bintang Kesiangan 

Kulit hitam dan gelap, wajah manis, rambut lebat berombak, mata seperti mengantuk. Dia senang bersama dan bermesra dengan suami.

3) Durgasari 

Muka berbentuk telur berwarna sedikit kemerahan, leher jenjang. Dia suka khianat, tidak baik dalam rumah tangga, dan suka bohong pada suami.

4) Silasari 

Kulit kuning, rambut kemerahan lembut sampai ke ujung, buah dada kecil, tahi lalat di cuping telinga. Dia suka naik darah dan pemboros.

5) Emping Hijau 

Kulit hitam, rambut hitam lembut, muka panjang, badan tegap, kaki kecil dan kering, kuku panjang dan kecil. Dia baik, sumber kekayaan rumah tangga, menguntungkan, tapi suka merajuk dan pulang ke rumah orang tuanya.

6) Galak Ulat 

Kulit kuning, rambut keras dan lurus, ujung rambut warna merah. Dia sering menolak saat diajak berhubungan badan dengan suaminya.

7) Matahari Jatuh 

Kulit kuning, urat-urat tampak hijau, alis lentik seperti bulan sabit, mata sepertt orang bangun tidur, wajahnya manis. Dia sabar, berhati-hati saat berbicara, perilaku sangat baik. Dia setia dan amat teliti dalam pekerjaan, serta dapat mendatangkan kekayaan.

8) Gandasari 

Kulit kuning, rambut hitam berkilat, leher agak pendek, gerak gerik tubuh seperti orang malas, buah dada tergantung, tingkah laku serba pantas, manis di pandang. Dia jarang menampakkan marah, tutur katanya lembut, dan pandai dalam melaksanakan kewajiban.

9) Sinar Kencana

Duduknya tenang, agak pendiam, warna kulit kehitaman, rambut lembut, hitam dan halus, dan tubuhnya besar. Dia perempuan yang baik.

10) Puspa Mekar 

Bentuk badan seperti lelaki, tulang agak menonjol, bila berdiri kaki seakan bertemu, ruas betis panjang. Dia dapat melayani kehendak suami dengan baik.

11) Tulang Sirih 

Kulit kuning, bibir kering, buah dada sedikit ke atas, suka banyak bicara. Dia setia pada suami, pandangan luas, suka bercinta.

12) Praba Sari 

Kulit agak merah tua seperti kulit manggis, dada bidang, buah dada sedang. Dia setia pada suami dan sangat sopan.

13) Kunci Pintu 

Kulit hitam, kaki kecil serta jarinya lurus, rambutnya hitam dan lebat. Dia pandai menyimpan rahsia rumah tangga, sabar dan tenang menghadapi segala masalah.

14) Ratna Kencana 

Kulit kuning, rambut kasar dan panjang, ujung rambut hitam lebat, kaki kecil. Dia membawa karunia; bila suaminya berdagang, kemungkinan mendapat keuntungan besar.

15) Sari Maya 

Badan kurus, rambut agak kasar, wajahnya kelihatan kemerahan. Dia tidak banyak menuntut dan bisa menerima apa saja keadaan hidup, taat kepada suami.

16) Melawan Arus 

Kulit kuning agak putih, badan kecil, rambut hitam lebat, buah dada besar. Dia suka bertengkar dengan suami dan sulit mengalah.

17) Air Lalu 

Sosoknya menarik hati dan manis, sinar mata jernih, bentuk badan tegap, bila berdiri kelihatan mantap, kulitnya putih, suaranya perlahan, bicaranya berhati-hati, tubuhnya seakan-akan tidak bergerak bila berjalan, dan menundukkan muka saat melangkah. Dia setia pada suami, baik hati, dan setia.

18) Lurus Siku 

Kulit putih, pandai berbicara, rambut keras dan lurus. Dia suka belajar dan dapat menambah karunia dalam kehidupan berumah tangga.

19) Riak Air 

Pandai menghadapi orang lain, banyak kenalan, juga disukai orang lain. Dia sangat perhatian pada kesehatan dan makan minum suami, sehingga baik dijadikan istri.

20) Suasa Murni 

Kulit seperti buah manggis yang dibelah, rambut hitam panjang, badan kecil, tangan dan kaki lurus. Dia baik dijadikan istri.

21) Sinar Fajar 

Kaki kecil dan lurus, lengannya pun sama, bentuk badan—jika dilihat dari belakang—dari pinggang ke atas agak lebar. Dia taat pada agama, dan mendatangkan kemuliaan.

22) Pagar Negeri 

Paha agak besar, dada agak lebar, rahang mulut lebar. Dia cenderung tidak setia pada suami, khususnya bila berjumpa lelaki lain yang lebih menarik hatinya.

23) Pecah Buah 

Tubuh pendek, kecil orangnya, dan berwajah manis. Dia memiliki sifat berani menentang halangan, kuat berusaha untuk mencari kekayaan.

24) Matahari Terbenam 

Badan kecil, warna kulit kemerahan, ada sedikit tanda kebiruan di wajah, alis mata tebal. Dia suka menyimpan perasaan, tindak-tanduknya kadang mengejutkan, dan bisa menjadi teman yang menyenangkan.

25) Bunga Lawang 

Tubuh kecil, kulit putih kekuningan, melangkah seperti harimau lapar, suka cepat-cepat saat akan pergi ke mana pun. Dia pandai menyimpan rahasia, sopan, dan mementingkan kebahagiaan rumah tangga serta keluarga.

26) Mendung Petang 

Tubuh gemuk, tingginya sedang, kulit kuning, matanya seperti orang marah. Dia tidak begitu baik dijadikan istri.

27) Sempadan Negara 

Badan kecil, kulit kemerahan, rambut panjang, tingkah laku menarik, banyak kepandaian. Dia memiliki cinta yang teguh, tidak mudah terhasut, dan baik dijadikan isteri.

28) Mustika Lalu 

Kulit kuning, bentuk wajah agak lebar, ramah, pandangan mata tajam tetapi manis dan menarik, tubuh sedang serta tegap, suara mengesankan. Dia wanita yang pandai bercakap dan baik budi pekertinya.

29) Pandan Setaman 

Badan tinggi, mata seperti bangun tidur, pandai bercakap dan setia dalam persahabatan. Dia pandai menyimpan rahasia, sopan, dan selalu berusaha menyelesaikan pekerjaan.

30) Ratna Murni 

Kulit kuning, bibir merah tua, susunan gigi tampak sama, buah dada sedang, sinar mata tenang. Dia suka bekerja cepat dan sempurna, tutur katanya menarik, pandai menggunakan bahasa yang lembut, suka melindungi suami, baik pada keluarga dan rumah tangga.

31) Pisang Suluh 

Tubuh kecil, kulit agak kemerahaan, ada juga perempuan jenis ini yang kulitnya seperti manggis, rambut lurus. Dia dapat memberikan kepuasan kepada suami.

32) Sirih Telentang 

Kaki agak melintang, jika berjalan kakinya suka menendang tanah. Perangainya pemboros dan suka melakukan hal kurang baik.

33) Buah Manggis 

Warna kulit seperti buah manggis, hitam tapi manis, raut wajahnya lembut. Cinta kasihnya pada suami benar-benar ikhlas dan jujur.

34) Guntur Madu 

Tubuh sedang, kulit kuning, mata seperti orang bangun tidur, sorot mata seperti orang sedang marah. Dia rajin bekerja, dan memuaskan suami saat bercinta.

35) Sinar Sari 

Tubuh sedang, bibir sedikit lebar, paha agak melintang, tidak pernah memandang jauh. Dia suka meninggalkan suami (pulang ke rumah orang tuanya) tanpa penjelasan.

36) Kala Senja 

Dia suka menghias diri saat akan mendatangi siapa pun, dan senang mengunjungi siapa saja di sekitarnya. Biasanya tidak pandai mengurus rumah tangga.

37) Kencana Kuning 

Badan tegap, kulit kuning, buah dada sedang, rambut hitam dan ujung rambut merah. Baik dijadikan istri, karena pandai menyimpan rahasia.

38) Kunci Kencana 

Kulit hitam, badan tinggi besar, kaki pendek. Dia punya sifat mudah bosan, termasuk kepada suami.

39) Uncang Lepas 

Kulit wajah kehitaman, rambut lembut, bentuk agak besar. Dia setia, baik budi pekertinya, welas asih pada keluarga.

40) Madu Rasa 

Tubuh kecil, kulit kehijauan, buah dada sedang, betis kecil, alis tebal. Dia dapat membahagiakan suami saat bercinta.

41) Lautan Pasang 

Duduknya tenang, baik budi pekerti, tinggi pengetahuan, rendah hati, tidak banyak cakap, pandangan mata cukup tajam, cepat memahami maksud orang lain. Dia setia pada suami, tapi suka menolak ajakan bercinta.

42) Matahari Condong 

Muka kecil, rambut lebat, jari lurus, urat lembut, bahu agak melintang, pinggang ke bawah lurus, paha besar, punggung tipis. Dia setia pada suami. Bila suami marah, dia cepat minta maaf. Tutur katanya lembut, tak suka ribut, tidak sombong. Wanita yang baik dan istri yang baik.

43) Dahan Berkepit 

Badan tegap, kulit kuning, mata sayu, rambut kerinting, bicaranya perlahan. Dia setia pada suami dan keluarga, tapi keras hati.

44) Lompat Kera 

Muka kecil, dahi sempit, kaki panjang, tubuh kurus tinggi. Dia pemboros, kurang memikirkan masa depan, kurang berpendirian.

Related

Psychology 2638010260231405548

Recent

item