Di Balik Layar Pembuatan Film Dokumenter “The Act of Killing”

Di Balik Layar Pembuatan Film Dokumenter “The Act of Killing”

Naviri Magazine - Selama pembuatan film tentang pembantaian massal di Indonesia, "The Act of Killing", sutradara Joshua Oppenheimer tidak bisa tidur. Ia sering mimpi buruk setelah mewawancarai seorang jagal yang jadi bintang utama di filmnya, Anwar Congo.

Oppenheimer harus merekam terus kesaksian Anwar melakukan adegan ulang pembunuhan yang pernah dilakukannya. "Film ini menunjukkan bahwa akting adalah bagian dari pembunuhan. Peragaan itu bukan hanya peragaan ulang, melainkan juga asli," kata Joshua Oppenheimer.

Pria asal Texas, Amerika Serikat, ini juga sadar betul jika mimpi buruk yang dialaminya menimpa para kru filmnya, yang bahkan asli Indonesia.

"Pasti lebih berat. Mereka membawa pulang ke rumah sebuah pengetahuan bahwa di sekeliling mereka bercokol orang-orang seperti Anwar dan kawan-kawan Anwar—yang bahkan sampai hari ini beberapa ada di posisi terpenting dalam struktur kekuasaan," ujarnya.

Oppenheimer, sutradara Inggris-Amerika yang berdomisili di Denmark ini, membuat film dokumenter The Act of Killing (Jagal). Film ini menjadi salah satu nominasi dokumenter Academy Awards.

Film The Act of Killing menceritakan pembunuhan massal yang terjadi di Indonesia tahun 60-an akibat konflik politik. Dalam film ini, Joshua Oppenheimer berhasil memperoleh kesaksian seorang Jagal bernama Anwar Congo, dan mendokumentasikannya menjadi sebuah film.

Di film itu, bahkan Oppenheimer berhasil meminta Anwar Congo berperan sebagai dirinya sendiri ketika melakukan pembantaian terhadap anggota Partai Komunis Indonesia (PKI) di wilayah Medan, Sumatera Utara. Selain Anwar Congo, Oppenheimer juga berhasil memfilmkan jagal lainnya, Amir Hasan.

Related

Film 1982317976780143653

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item