Manusia Akan Pakai Piring Terbang untuk Mendarat di Mars

Manusia Akan Pakai Piring Terbang untuk Mendarat di Mars

Naviri Magazine - Hingga saat ini, manusia masih belum menemukan cara yang paling efisien dan aman untuk mendarat di planet Mars. Dan NASA kini punya jawabannya.

Badan antariksa milik Amerika Serikat, NASA, telah meluncurkan sebuah piring terbang ke langit negara bagian Hawaii, untuk uji coba.

Piring terbang bernama Low Density Supersonic Decelerator (LDSD) berada di ketinggian 55 kilometer di atas Hawaii. NASA rencananya akan menjatuhkan LDSD untuk dites kemampuan terbangnya.

LDSD tidak sepenuhnya berbentuk layaknya piring terbang, melainkan berbentuk seperti donat. Agar mampu mendarat dengan aman di permukaan Mars yang memiliki gravitasi lebih rendah dari Bumi, LDSD dilengkapi alat pengereman khusus untuk bisa mencapai kecepatan 2,5 kali kecepatan suara.

Alat pengereman tersebut ternyata berbentuk parasut dengan lebar 36 meter. Ini adalah parasut untuk kecepatan supersonic terbesar yang pernah dibuat oleh NASA. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama uji coba, NASA melangsungkan tes LDSD di atas laut pasifik, agar tidak terlalu banyak kerusakan yang dialami seandainya parasut gagal mengembang.

NASA ternyata tepat dengan mengambil keputusan tersebut, sebab LDSD diketahui gagal mendarat dengan sempurna.

NASA mengatakan, proyek seharga hampir Rp 2 triliun itu berkontribusi besar terhadap perkembangan teknologi parasut LDSD ke depannya.

Related

Technology 8725029989208176235

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item