Di Negara Ini, Mengintip Ponsel Milik Pasangan Akan Dihukum!

 Di Negara Ini, Mengintip Ponsel Milik Pasangan Akan Dihukum!

Naviri Magazine - Pernah mengintip ponsel milik pasangan? Beruntung, Anda tak kena hukuman karena hal itu. Tapi di Arab Saudi, jangan coba-coba, karena bisa dihukum!

Negara kerajaan itu mengumumkan kebijakan hukum barunya tersebut tahun lalu. Dengan undang-undang baru tersebut, pihak berwajib akan mengenakan denda atau penjara bagi mereka yang sudah menikah dan terbukti mengintai atau mengintip ponsel milik pasangannya.

Seperti dilaporkan Insider, menurut undang-undang yang baru, “memata-matai, intersepsi atau penerimaan data yang dikirimkan melalui jaringan informasi atau komputer tanpa otorisasi yang sah” sekarang dilarang. Mengakses komputer pasangan tanpa izin dengan maksud untuk mengancam atau memeras orang lain, juga merupakan tindak pidana berdasarkan undang-undang Anti-Cybercrime yang baru.

Tak tanggung-tanggung, para pelanggar hukum yang sudah menikah malah bisa menghadapi denda hingga $133.000 atau sekitar Rp1,8 milyar, satu tahun penjara, atau bahkan keduanya!

Pemerintah Arab Saudi mengatakan, undang-undang baru ini dibuat untuk membantu melindungi privasi individu, dan menjaga hak-hak pengguna internet. Undang-undang anti mengintip adalah bagian dari peningkatan fokus pada kejahatan cyber dan peretasan, serta usaha putra mahkota Arab Saudi untuk memodernisasi kerajaan secara ekonomi dan sosial, dengan rencana Visi 2030-nya.

Arab Saudi juga baru-baru ini mencabut larangan pemutaran film bioskop yang sudah berlaku beberapa dekade. Ini semakin menunjukkan kalau kerajaan itu sekarang terbuka terhadap modernisasi.

Sebelumnya, mereka juga meningkatkan kesetaraan gender dengan memberikan perempuan hak untuk mengemudi, sejak Juli 2017, dan membolehkan mereka untuk pergi ke stadion olahraga untuk menonton pertandingan sepak bola.

Related

World's Fact 2530296953248895752

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item