Penjelasan dan Fakta-fakta Seputar Virus yang Perlu Kita Tahu

Penjelasan dan Fakta-fakta Seputar Virus yang Perlu Kita Tahu

Naviri Magazine - Virus berasal dari bahasa Latin, yang artinya racun. Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis, dan virus inilah yang menjadi biang keladi dari banyak penyakit, semisal flu, AIDS, dan lain-lain.

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas jika tidak berada dalam sel inang.

Karena karakteristik khasnya itu, virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV).

Virus tidak memiliki sel yang merupakan ciri makhluk hidup, namun memiliki DNA yang merupakan ciri makhluk hidup. DNA adalah tempat penyimpanan semua informasi makhluk hidup pemiliknya.

Di dalam DNA tersimpan ciri-ciri setiap individu—dari warna rambut dan mata, bentuk telinga, sampai penyakit-penyakit bawaan. Karena ukurannya sangat kecil, DNA harus dilihat dengan mikroskop elektron.

Related

Science 2108092364688067419

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item