Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan Makanan Panas atau Dingin

Penyebab Gigi Ngilu Saat Makan Makanan Panas atau Dingin

Naviri Magazine - Makanan bersuhu ekstrem, yakni sangat panas atau sangat dingin, diketahui merupakan pemicu munculnya permasalahan gigi sensitif, yang ditandai dengan rasa ngilu pada gigi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh IPSOS Tracking Studi, prevalensi penderita gigi sensitif di Indonesia mencapai 43 persen. Sebagian besar kondisi tersebut terjadi pada usia produktif, yaitu pada orang dewasa usia 20-40 tahun.

Sayangnya, karena permasalahan gigi sensitif datang dan pergi, seringkali orang tidak peduli dan cenderung tidak mencari solusi untuk mengatasinya. Padahal saat ngilu pada gigi menghampiri, rusaknya mood hingga menurunnya produktivitas menjadi taruhannya.

Jahezkiel Martua, GlaxoSmithKline Oral Health Care Expert Marketing, menjelaskan, permasalahan gigi sensitif didefinisikan sebagai perasaan ngilu yang pendek dan tajam, karena dipicu oleh makanan bersuhu sangat panas, sangat dingin, hingga terlalu asam atau manis.

"Kondisi tersebut terjadi karena menipisnya enamel gigi, hingga turunnya gusi, maka paparan makanan lebih mudah mencapai saraf. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa ngilu," jelas Eki, sapaan akrabnya.

Kendati demikian, Eki menekankan, gigi sensitif bukanlah penyakit, melainkan kondisi yang menyebabkan gejala yaitu ngilu. Sehingga solusinya adalah pengobatan yang bersifat simptomatis.

Related

Health 7484377911052982852

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item