Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan (Bagian 2)

Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Rocky Balboa
Diperankan oleh: Sylvester Stallone
Film: Rocky Series.

Naskah dan karakter utama dalam seri Rocky, semuanya diciptakan sendiri oleh Stallone. Dengan fakta bahwa dia juga memerankannya, rasanya sulit untuk mengatakan bahwa hasilnya akan buruk dan tidak cocok. Sang penulis tentu tahu sifat, watak, dan keunggulan dirinya sendiri.

Hasilnya? Sosok ikonik Rocky Balboa menjadi cerminan dari Sylvester Stallone sendiri. Baik stallone dan Rocky sama-sama mengawali karir dari bawah, dan tahu betul betapa sulitnya mendapat kesuksesan.

Dengan kerja keras dan semangat. Mereka sama-sama mendapat kesuksesan dengan cerita yang berbeda. Mereka juga sangat sulit dipisah satu sama lain. Orang-orang mengenal Stallone sebagai Rocky (dan mungkin Rambo). Dan orang-orang mengenal Rocky adalah Stallone.

Mr. Bean 
Diperankan oleh: Rowan Atkinson
Film: Bean The Movie (1997), Mr. Bean’s Holiday (2007)

Sebagai salah satu penciptanya, Rowan Atkinson tentu tahu karakter seperti Mr. Bean harus ditunjang aktor yang yang tepat. Dengan wajahnya yang lugu, dia sangat pas memerankan sosok innocent seperti Bean, yang sekaligus kerap melakukan perbuatan konyol itu.

Hebatnya lagi, dia benar-benar bisa mencurahkan energi body language dan mimiknya untuk peran ini. Kebetulan, Bean memang tidak memerlukan penghafalan dialog, karena selalu diam sepanjang hari. Kalau ngomong pun, paling hanya gumam dan gerutuan tidak jelas.

Gandhi
Pemeran: Ben Kingsley
Film: Gandhi (1982) 

Figur tokoh sejarah Mohandas Karamchand Gandhi sangat sulit dilepaskan dari sosok aktor Ben Kinglsey. Selain sama-sama keturunan India, wajah dan penampilan fisik mereka bisa dikatakan mirip. Begitu banyak kemiripan antara mereka, sampai-sampai rakyat India percaya bahwa Kingsley adalah titisan roh Gandhi.

Lewat film yang dibesut Richard Attenborough ini, Ben Kingsley langsung melesat menjadi salah satu aktor top Hollywood. Berkat keseriusan Kingsley dalam menghayati peran Gandhi, piala Oscar dan beberapa nominasi lain direbutnya. Dia menyebut beruntung telah memerankan Gandhi.

Captain Jack Sparrow
Diperankan oleh: Johny Depp
Film: Pirates of Caribbean 1-4

Siapa yang tidak tahu karakter ikonik ini? Jack Sparrow menunjukkan bahwa akting Johny Depp memang benar-benar ikonik dan tak terlupakan. Berperan sebagai kapten bajak laut yang sinting, Depp benar-benar sukses dalam menghayati peran ini.

Sikap seperti orang mabuk, perkataan ceplas ceplos, gerakan tubuh ganjil, kepintaran dan kecerdikan khas bajak laut, dan kecakapan menggunakan berbagai macam senjata, membuat kita sulit mendengar nama Jack Sparrow tanpa teringat Johnny Depp

The Joker
Pemeran: Heath Ledger
Film: The Dark Knight (2008)

Ketika awal pemilihannya, banyak orang meragukan. Tentu, khalayak yang meragukannya masih belum bisa ‘move on’ dari karakter Joker dalam film Batman (1988) yang diperankan Jack Nicholson. Tapi ketika film The Dark Knight dirilis, semua orang mencintainya.

Ledger berhasil menciptakan Joker baru, Joker yang belum pernah dilihat sebelumnya. Berbeda dengan Joker versi Jack Nicholson yang bak gangster mafia, Joker versi Ledger tampil acak-acakan, liar, psycho, dan dengan tagline khas ‘why so serious?’

Ia berhasil mencuri hati para penonton, dan sedikit demi sedikit menggeser Joker versi Jack. Uniknya, waktu pertama kali ditawari peran ini, dia langsung memohon supaya dirinya tidak disuruh menjadi Joker yang sama dengan Joker versi Jack. Ironisnya, sebelum film ini dirilis, Heath Ledger ditemukan meninggal karena overdosis.

Related

Film 8167893348611123924

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item