Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan (Bagian 1)

Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan

Naviri Magazine - Ada banyak tokoh ikonik dalam film yang terkenal di dunia, semisal Batman, James Bond, Superman, dan lain-lain. Sebagai tokoh ikonik, mereka pun sangat dikenali para penonton. Karenanya, ketika tokoh-tokoh itu tampil dalam film, mau tak mau penonton akan memperhatikan. Baik atau buruk hasilnya, pasti akan menjadi poin utama yang diperhatikan oleh penonton.

Karenanya, ketika mengangkat tokoh-tokoh ikonik ke layar lebar, sutradara film pun mencari aktor-aktor yang benar-benar pas dalam memerankannya. Hasilnya, ada banyak tokoh ikonik yang yang pemerannya sulit digantikan, karena mereka benar-benar tepat dan pas dalam membawakan si tokoh. Berikut ini di antaranya.

Lara Croft
Diperankan: Angelina Jolie
Film: Seri Lara Croft

Sebelum film ini dibuat, tak ada yang bisa memprediksi siapa aktris yang cocok memerankan salah satu ikon wanita terpopuler di dunia game ini.

Ketika Angelina Jolie terpilih, tak ada kata kata lain yang bisa dikatakan selain setuju, semua yang ada dalam tokoh Lara Croft terproyeksikan dengan baik dalam diri Jolie. Lekuk tubuh ‘perfect’ yang dimilikinya, sifatnya yang tomboy nan lincah dalam berakting, tak terlihat canggung ketika melakukan berbagai adegan action, khas karakter Lara Croft.

Mungkin dua film Lara Croft tak begitu apik dan gampang terlupakan, tetapi siapa yang bisa melihat karakter Lara Croft tanpa teringat Angelina Jolie?

Gandalf
Diperankan: Ian McKellen
Film: Seri Lord of the Rings

Ketidakpopuleran sosok Gandalf sebelumnya berubah 180 derajat ketika Ian McKellen memainkannya.

Memerankan tokoh si tua bijak dalam Trilogi The Lord of the Rings, akting Ian McKellen seakan melebur dengan sosok Gandalf, selain fakta bahwa dengan usia yang sudah sangat uzur dia masih terlihat gagah ketika membantai ratusan orc, sosoknya yang bijak dan penuh wibawa menambah kesan mendalam sosok Gandalf.

Bahkan dalam spin-off LOTR yang dirilis lebih dari 10 tahun selanjutnya, sosok yang kita lihat pertama kali pada 14 tahun yang lalu masih terlihat sangat pas diperankan oleh McKellen.

Don Vito Corleone
Diperankan: Marlon Brando
Film: The Godfather (1972)

Marlon Brando adalah satu dari sedikit nama yang sangat cocok memerankan sosok pemimpin gangster mafia, selain aktor-aktor seperti Al Pacino, Robert de Niro, ataupun Jack Nicholson. Tak ada yang menyangkal bahwa Marlon Brando adalah aktor terbaik ketika membawakan peran ketua Mafia (Don Vito Corleone).

Saat syuting berlangsung, Brando memang disegani, dihormati, dan segala kemauannya harus dituruti. Persis seperti ketua mafia yang diperankannya. Namun, hal ini dibarengi hal hal positif yang ditunjukan Marlon Brando, keinginannya untuk berimprovisasi, gaya bicara bak mafia betulan, ditambah kapas di mulut bagian atas dagunya, sungguf efektif menghasilkan penampilan dan suara yang cocok.

Tak heran, aktingnya sukses membawanya kembali meraih piala Oscar kedua dalam karirnya

Travis Bickle
Diperankan Oleh: Robert De Niro
Film: Taxi Driver (1978)

De Niro mudah berimprovisasi dengan karakter Travis Bickle. Dimulai dengan menjadi mantan tentara dan merupakan lelaki baik-baik yang memutuskan untuk jadi sopir taksi, hingga kesendirian dan isolasi mengubahnya menjadi seorang Travis Bickle yang sinis dan frustasi, dan cendurung seenaknya sendiri dalam bersikap.

Peran seperti ini butuh lebih dari sekadar kemampuan akting biasa, skill, dan kharisma juga berperan. De Niro dengan brilian bisa memuaskan kita semua. Hal ini ditambah dedikasinya yang terlihat ketika dia rela menjadi sopir taksi selama sebulan penuh, dan mempelajari orang-orang yang terkena gangguan jiwa.

Ace Ventura
Diperankan oleh: Jim Carrey
Film: Ace Ventura 1 & 2 (1994, 1995)

Kelincahan, gaya bicara, dan suara khas yang ditampilkan Carrey, adalah murni improvisasinya ketika pertama kali disodori skrip Ace Ventura. Kata-kata khas yang diucapkan dengan khas juga, seperti “All righty then”, dan sebagainya, juga merupakan nilai plus Carrey yang kerap disajikannya di film-filmnya.

Beberapa adegan yang dianggapnya kurang lucu dan pas pun diganti kreativitas dan ide cemerlang Carrey yang terkesan fresh, orisinil, dan tentunya kocak. Belum lagi keunggulan-keunggulan lain seperti mimik wajah, bahasa tubuh yang elastik seperti karet, menjadikan sosok Ace Ventura tak terlupakan dan luar biasa.

Baca lanjutannya: Peran-peran Ikonik Dalam Film yang Sulit Digantikan (Bagian 2)

Related

Film 4617487934939334597

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item