Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 3)

Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ranjang Pengantin

Kisah sebuah keluarga dari bagian kumuh kota. Bram (Slamet Rahardjo) mengawini Nona (Lenny Marlina), tanpa restu orangtua Nona, karena sudah dijodohkan dengan Paul (George Kamarullah).

Kehidupan suami-istri yang hidup dengan gaji Bram yang pas-pasan itu masih ditambah masalah karena hubungan mereka dengan Nien (Mieke Wijaya), kakak Bram.

Titian Serambut Dibelah Tujuh

Titian Serambut Dibelah Tujuh adalah film Indonesia tahun 1982, yang disutradarai oleh Chaerul Umam. Skenarionya ditulis oleh Asrul Sani, dan dibintangi antara lain oleh Rachmat Hidayat dan El Manik.

Asrul Sani meraih penghargaan skenario terbaik dalam Festival Film Indonesia 1983 untuk film ini.

Catatan Si Boy

Catatan si Boy adalah film Indonesia yang dirilis pada 1987, dan disutradarai oleh Nasri Cheppy. Film ini dibintangi antara lain oleh Onky Alexander, Didi Petet, dan Meriam Bellina.

Film ini sempat diberi judul lain, yaitu Kugadaikan Cintaku (lagu ciptaan Gombloh yang menjadi soundtrack film ini) disebabkan karena karakter Boy belum terlalu populer di luar Jakarta pada saat itu. Film ini menghasilkan sekuel pada tahun 1988, 1989, 1990, 1991, dan 2011.

Taksi

Taksi adalah film drama Indonesia yang diproduksi pada 1990, dan disutradarai oleh Arifin C. Noer. Film ini diperankan antara lain oleh Rano Karno, Meriam Bellina, dan Nani Wijaya. Film ini didasarkan cerita bersambung dengan judul Taksi, yang pernah dimuat di harian Kompas pada tahun 1988.

Cinta Pertama

Cinta Pertama adalah film drama musikal Indonesia yang diproduksi pada1973, dan memenangkan Piala Citra pada FFI 1974, antara lain sebagai Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita dengan Pujian.

Film ini disutradarai oleh Teguh Karya, dan diperankan antara lain oleh Christine Hakim, Slamet Rahardjo, dan Robby Sugara.

Cinta dalam Sepotong Roti

Cinta dalam Sepotong Roti adalah film Indonesia garapan sutradara Garin Nugroho. Skenario film ini kemudian diadaptasi menjadi novel dengan judul yang sama oleh Fira Basuki.

Daun di Atas Bantal

Daun di Atas Bantal adalah film Indonesia tahun 1998, yang disutradarai Garin Nugroho. Film ini menceritakan seorang ibu bernama Asih (Christine Hakim) beserta tiga orang anaknya, Heru, Sugeng, dan Kancil, yang tinggal di jalanan kota Yogyakarta, Indonesia.

Film ini diproduksi oleh Christine Hakim, dan seharusnya selesai pada Oktober 1997, tetapi akibat krisis ekonomi di Indonesia akhirnya diselesaikan di Australia.

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik adalah film Indonesia tahun 2001 yang disutradarai Nan Achnas. Daya (Dian Sastrowardoyo) adalah seorang gadis muda yang hidup di sebuah perkampungan miskin dekat wilayah pantai bersama ibunya, Berlian (Christine Hakim) yang bekerja sebagai penjual jamu.

Ayah Daya, Agus (Slamet Rahardjo Djarot) adalah seorang dalang wayang yang menghilang saat Daya masih kecil. Ketidakberadaan Agus membuat Berlian membesarkan Daya sendirian.

Jelangkung

Empat sekawan, Ferdi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie Ariyanto), Gombal (Rony Dozer), Sani (Harry Panca), selalu penasaran mencari setan. Berbagai tempat yang didatangi tak dijumpai yang mereka cari. Sampai mereka mendapat kabar mengenai daerah bernama Angkerbatu.

Di sinilah berbagai pengalaman terjadi. Sementara Sani diam-diam berusaha bermain jelangkung, sebuah permainan yang konon bisa mendatangkan arwah. Sebuah film dengan kekuatan fotografi, editing, dan suara untuk membangun suasana ngeri.

Ada Apa Dengan Cinta (AADC)

Ada Apa dengan Cinta? (bahasa Inggris: What's Up with Love?, bahasa Jepang: Ganbare, Ai dan Beautiful Days) adalah film Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang pertama kali mengudara pada Kamis, 7 Februari 2002, dibintangi Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

Film ini dihiasi soundtrack berjudul Ada Apa dengan Cinta?, yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw.

Sang Pencerah

Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, berdasarkan kisah nyata pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Film ini dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Ihsan Idol sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Versi novel film ini ditulis oleh wartawan-sastrawan, Akmal Nasery Basral, dan mendapat predikat Fiksi Terbaik dalam Islamic Book Fair Award 2011.

Tanda Tanya (?)

Tanda Tanya adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 7 April 2011 dengan sutradara Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Reza Rahadian dan Revalina S. Temat.

Tema film ini adalah pluralisme agama di Indonesia yang sering terjadi konflik antar keyakinan beragama, yang dituangkan ke dalam alur cerita yang berkisar pada interaksi dari tiga keluarga, satu Buddha, satu Muslim, dan satu Katolik. Setelah menjalani banyak kesulitan dan kematian beberapa anggota keluarga dalam kekerasan agama, mereka akhirnya mampu hidup damai.

Petualangan Sherina

Petualangan Sherina adalah film musikal untuk semua umur. Skenario dibuat oleh Jujur Prananto dan disutradarai oleh Riri Riza. Musik yang ditata Elfa Secioria sejak awal mengantarkan Sherina menjadi penyanyi cilik terkemuka lewat album Andai Aku Besar Nanti.

Film ini didukung sederet aktor-aktris terkemuka, seperti Didi Petet, Mathias Muchus, Ratna Riantiarno, Butet Kertaradjasa, dan yang lainnya.

Salah satu persiapan promosi adalah pencantuman nama Sherina dalam judul. Awalnya, film ini berjudul Petualangan Vera dan Elmo. Penggantian nama Sherina karena popularitas artis cilik Sherina Munaf sedang memuncak pada saat itu berkat album Andai Aku Besar Nanti.

Baca lanjutannya: Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 4)

Related

Film 7295641513916859991

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item