Inilah Jembatan Besi Pertama dan Tertua di Dunia

Inilah Jembatan Besi Pertama dan Tertua di Dunia

Naviri Magazine - Jembatan besi pertama di dunia adalah jembatan besi yang membentang di ngarai yang dialiri sungai Severn dekat Coalbrookdale di Shropshire, Inggris. Jembatan itu dibangun pada tahun 1779 oleh Abraham Darby, dan jembatan itu tetap menjadi monumen unik bagi revolusi industri.

Jembatan itu sangat luar biasa strukturnya, sehingga kota kecil sekitar setengah mil dari Coalbrookdale dinamai Ironbridge (Jembatan Besi). Sekarang, sebagian besar wilayah itu menjadi museum luar ruangan yang amat luas.

Jembatan paling tua di dunia

Diperkirakan, jembatan paling tua di dunia adalah jembatan yang terbuat dari batu besar yang diletakkan di antara batu-batu lain, yang terdapat di wilayah Exmoor dan Dartmoor. Jembatan itu berasal dari masa prasejarah. Namun tidak ada petunjuk pasti mengenai tanggal pembuatannya.

Sedangkan jembatan tertua yang diketahui usianya adalah jembatan batu melengkung yang terdapat di wilayah Izmir, Turki, yang dibangun sekitar 3.000 tahun yang lalu.

Related

World's Fact 5100825905146053047

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item