Kisah Mustafa Kemal dan Sejarah Pembentukan Republik Turki

Kisah Mustafa Kemal dan Sejarah Pembentukan Republik Turki

Naviri Magazine - Mustafa Kemal Pasha mengumumkan pembentukan Republik Turki yang baru. Dia adalah jenderal Turki yang berhasil mengalahkan Yunani dari Anatolia. Sejak tahun 1908, Mustafa Kemal sudah ikut memperjuangkan kemerdekaan Turki, bersama perwira-perwira muda Turki yang dikenal sebagai “The Young Turks”. Pada waktu itu Turki masih menjadi bagian dari imperium Ottoman yang diperintah seorang sultan.

Setelah Perang Dunia I pada tahun 1918, dengan kekalahan pihak Jerman yang didukung oleh Ottoman, imperium ini pun mengalami masa kemuduran yang parah. Satu per satu wilayah kekuasaan yang jauh dari pusat mulai membebaskan diri dari kekuasaan Ottoman. Selain itu, negara-negara Sekutu berupaya membagi-bagi wilayah kekuasaan Ottoman untuk dijadikan negara koloni mereka.

Kondisi runtuhnya imperium Ottoman itu menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi muda Turki. Pemikiran tentang identitas bangsa dan pentingnya suatu negara nasionalis yang meliputi bangsa Turki mulai menjadi wacana yang banyak diperbincangkan.

Pada waktu itulah kemudian Mustafa Kemal memimpin revolusi untuk mewujudkan visi tentang berdirinya republik Turki, pada 1 November 1921. Kecemerlangan karir politik Kemal dalam peperangan mengantarkannya menjadi pemimpin dan juru bicara gerakan nasionalisme Turki tersebut.

Setelah terpilih menjadi presiden dan kemerdekaan Turki diakui pada tahun 1923, Mustafa Kemal berusaha mengubah Turki menjadi negara industri yang modern. Salah satu langkahnya adalah memindahkan ibu kota Turki dari Istambul ke Ankara. Sejak tahun 1933, ia disebut Mustafa Kemal Atatürk, yang artinya “Bapak Orang-orang Turki”.

Related

History 1975371008897235239

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item