Sejarah dan Asal Usul Pilar Cleopatra dan Candi Borobudur

Sejarah dan Asal Usul Pilar Cleopatra dan Candi Borobudur

Naviri Magazine - Cleopatra’s Needle (Pilar Cleopatra) adalah pilar yang berdiri di sepanjang Sungai Thames di London. Meski namanya Cleopatra’s Needle, namun pilar itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan Cleopatra si Ratu Mesir.

Cleopatra’s Needle memiliki tinggi 21 meter atau 69 kaki, dan telah dibuat pada 1.500 tahun sebelum Cleopatra lahir. Ada dua pilar. Yang satu dihadiahkan pemerintah Mesir kepada Inggris pada tahun 1878, dan yang satunya lagi diberikan kepada Amerika Serikat, yang sekarang ada di Central Park, New York.

Siapa yang mendirikan Candi Borobudur?

Borobudur adalah candi Budha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi itu didirikan oleh para penganut Budha Mahayana, pada abad ke-9 Masehi, pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Pada saat ini, Borobudur adalah candi Budha terbesar di Indonesia.

Pada awal abad ke-11, gunung Merapi meletus, dan letusannya yang dahsyat menjadikan bangunan candi Borobudur tertimbun abu muntahan gunung, sehingga tidak diketahui lagi keberadaannya.

Sampai kemudian, pada abad ke-19, keberadaan candi itu ditemukan secara tidak sengaja oleh orang Belanda. Gubernur Raffles lalu memerintahkan untuk menggali dan meneliti, hingga seluruh bangunan candi itu mewujud kembali seperti sekarang.

Related

World's Fact 8002366912446772285

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item