Krisis Ekonomi Global yang Pernah Menghancurkan Dunia

Krisis Ekonomi Global yang Pernah Menghancurkan Dunia

Naviri Magazine - Krisis ekonomi global adalah peristiwa yang menyebabkan seluruh sektor ekonomi pasar dunia mengalami keruntuhan, dan mempengaruhi sektor lainnya.

Krisis ekonomi global terjadi karena permasalahan ekonomi pasar di seluruh dunia yang tidak dapat dielakkan akibat kebangkrutan maupun adanya situasi ekonomi yang carut marut. Yang terkena imbas krisis ekonomi global bisa dibilang semua bidang kehidupan. Namun, yang paling tampak gejalanya adalah bidang ekonomi, dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Ketika krisis ekonomi global terjadi, misalnya pada 2007-2008, yang terkena dampaknya tidak hanya negara-negara kecil atau negara berkembang, karena negara maju pun mendapat hantaman serupa.

Amerika Serikat, misalnya, yang memegang kendali ekonomi pasar dunia, juga mengalami keruntuhan dalam sektor ekonominya. Peristiwa itu bahkan mengakibatkan robohnya perusahaan keuangan dan bank-bank besar di sana.

Bangkrutnya perusahaan Lehman Brothers menjadi contoh bagaimana krisis dan hancurnya perusahaan itu mengguncang bursa saham di seluruh dunia. Bursa saham di kawasan Asia seperti di Jepang, Hong Kong, Cina, Australia, Singapura, India, dan lainnya, juga mengalami penurunan drastis antara 7 sampai 10 persen.

Termasuk bursa saham di kawasan Timur Tengah, Rusia, Eropa, Amerika Selatan, dan Amerika Utara. Di AS sendiri, para investor di bursa Wall Street mengalami kerugian besar.

Krisis ekonomi global yang terjadi pada 2007-2008 bisa dibilang masih menyisakan efeknya sampai sekarang, dan telah membuat banyak negara hampir bangkrut. Resesi itu juga meruntuhkan banyak institusi finansial besar di berbagai negara, bank-bank terpaksa menggelontorkan dana talangan (bail out), serta ambruknya pasar saham.

Di beberapa negara, sektor perumahan anjlok, berbagai usaha tutup, akibat turunnya daya beli dan jumlah pengangguran yang meningkat tinggi.

Berbagai negara harus jatuh bangun menghadapi krisis, seiring perjuangan mereka menutupi utang yang membengkak. Secara sosial, krisis ekonomi global memicu berbagai kerusuhan sosial karena pengangguran terjadi di mana-mana akibat pemutusan hubungan kerja.

Related

World's Fact 5489072001813469729

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item