25 Nabi dan Rasul yang Perlu Diketahui Umat Islam (Bagian 2)

 25 Nabi dan Rasul yang Perlu Diketahui Umat Islam

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (25 Nabi dan Rasul yang Perlu Diketahui Umat Islam - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

10. Nabi Ilyasa As

Nabi Ilyasa As merupakan kerabat dekat Nabi Ilyas As. Setelah Nabi Ilyas As meninggal dunia. beliau yang melanjutkan perjuangan Nabi Ilyas As untuk menghalau penyembahan berhala yang kembali merebak di lembah sungai Yordan.

Namun kaum tersebut tidak mau mendengarkan, sehingga bencana kekeringan kembali melanda mereka.

11. Nabi Isa As

Nabi Isa As adalah putra Maryam yang dilahirkan tanpa memiliki suami, dan hal ini menimbulkan kontroversi serta hujatan kepada Maryam.

Secara ajaib, Nabi Isa As yang saat itu masih bayi tiba-tiba bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Bahwa penciptaan/kelahiran dirinya diawali dari kedatangan Malaikat Jibril kepada ibunya.

Nabi Isa As juga memperlihatkan banyak mukjijat ketika dia tumbuh dewasa, di antaranya membentuk seekor burung hidup dari tanah liat, menghidupkan orang mati, menyembuhkan kebutaan, dan mendatangkan makanan yang semula tidak ada.

12. Nabi Ishaq As

Nabi Ishaq As lebih banyak menemani ayahnya, yaitu Nabi Ibrahim As, dalam berdakwah dan menyebarkan agama.

13. Nabi Ismail As

Nabi Ismail As dan keluarganya merupakan orang-orang yang terdahulu melaksanakan ibadah haji. Suatu saat, Nabi Ismail As haus, dan ibunya bolak-balik dari bukit Safa ke Marwa untuk mencari air, hingga akhirnya keluarlah mata air yang saat ini d kenal sebagai air Zamzam.

14. Nabi Luth As

Perjuangan Nabi Luth As adalah menyeru kaum Sodom untuk kembali ke jalan yang benar, kemudian menyembah Allah S.W.T.

Pada akhirnya, Allah S.W.T berfirman agar Nabi Luth As segera meninggalkan pemukiman, kemudian Allah S.W.T menurunkan azab yang pedih kepada kaum tersebut.

15. Nabi Musa As

Pertarungan Nabi Musa As melawan Fir'aun merupakan salah satu kisah yang paling tersohor. Dikisahkan bahwa Fir'aun merasa terancam dengan keberadaan Nabi Musa As, yang menyebarkan agama untuk mengesakan Allah S.W.T.

Mereka bertarung dan akhirnya Nabi Musa As memenangkan pertarungan dengan bantuan tongkatnya. Lalu Nabi Musa As dan kaumnya dikejar oleh para pengikut Fir'aun. Mereka berhasil lolos dengan bantuan tongkat Nabi Musa As yang dapat membelah lautan.

16. Nabi Nuh As

Nabi Nuh As menyebarkan agama untuk menyembah Allah S.W.T. Namun masyarakat menolak dan menganggapnya gila. Nabi Nuh As kemudian diberi peringatan oleh Allah S.W.T bahwa akan ada banjr besar yang akan melanda daerahnya.

Oleh karena itu Nabi Nuh As diperintahkan untuk membuat kapal. Namun masyarakat sekitar tidak mendengarkan peringatan yang disampaikan oleh Nabi Nuh As, sehingga mereka hanyut dalam banjir tersebut.

17. Nabi Shaleh As

Mukjizat Nabi Shaleh As yang paling terkenal adalah unta betina yang keluar dari batu, setelah Nabi Shaleh As memukulkan telapak tangannya.

Nabi Shaleh As meminta agar penduduk setempat tidak menganggu unta tersebut, dan susunya boleh diperah untuk memenuhi kebutuhan penduduk miskin. Namun kaum yang tidak menyukainya berusaha untuk membunuh unta tersebut. Pada akhirnya mereka dijatuhi azab berupa petir dan gempa oleh Allah S.W.T.

18. Nabi Sulaiman As

Salah satu keahlian Nabi Sulaiman As yang paling menonjol adalah kemampuannya yang dapat berkomunikasi dengan binatang. Beliau juga merupakan raja yang bijaksana, yang kekuasaanya bahkan mencakup bangsa jin.

19. Nabi Syuaib As

Nabi Syuaib As menyebarkan ajaran agama di daerah Madyan. Namun masyarakat Madyan menolak ajaran tersebut, hingga akhirnya Allah S.W.T menurunkan azab berupa petir dan kilat yang menghanguskan mereka.

20. Nabi Yahya As

Nabi Yahya As mengajarkan bahwa kebenaran harus ditegakkan dengan risiko apapun. Pada riwayatnya dicontohkan, saat beliau bersikeras dan melarang pernikahan antara seorang paman dengan keponakannya sendiri.

21. Nabi Ya'qub As

Nabi Ya'kub As adalah kakek moyang para Rasul sebelum masa Nabi Muhammad Saw. Sikap dan cara berpikirnya tentu berpengaruh kepada para Rasul keturunanya, yang kemudian menjadi penegak panji keesaan Allah S.W.T sebelum era Nabi Muhammad Saw.

22. Nabi Yunus As

Nabi Yunus As berusaha menyebarkan ajaran Allah S.W.T, namun dia tidak mendapat sambutan baik dari masyarakat. Beliau lalu menjauhi daerah tersebut karena kawatir akan dibunuh, dan naik ke sebuah kapal untuk berlayar.

Kapal yang beliau tumpangi diguncang topan, dan diputuskan bahwa Nabi Yunus As akan dikorbankan untuk dilempar ke laut, demi keselamatan penumpang lainnya.

Mukjizat Allah S.W.T datang, Nabi Yunus As dimakan oleh seekor ikan raksasa, dan bertahan hidup di perut ikan tersebut. Nabi Yunus As pun melanjutkan perjalanannya dalam menyebarkan ajaran agama.

23. Nabi Yusuf As

Nabi Yusuf As dikisahkan sebagai pria yang sangat tampan dan sangat piawai dalam memimpin negara. Sejak kecil beliau mendapat mimpi yang tidak biasa, dan ketika besar Nabi Yusuf As dapat mentaqwilkan/menafsirkan mimpi tersebut, sehingga sangat dihormati masyarakat sekitarnya.

24. Nabi Zakaria As

Nabi Zakaria As dengan istrinya, yaitu Isya, membaktikan diri untuk menjaga Baitul Maqdis, rumah ibadah peninggalan Nabi Sulaiman As di Yerusalem. Nabi Zakaria As dikaruniai keturunan oleh Allah S.W.T di saat beliau sudah cukup uzur, yaitu berusia 100 tahun, dan anak tersebut adalah Nabi Yahya As.

25. Nabi Muhammad S.W.T

Nabi Muhammad S.W.T, adalah Rasul terakhir dan sekaligus penutup Rasul-rasul sebelumnya, beliau yang menyempurnakan ajaran-ajaran terdahulu.

Mukjizat yang diberikan oleh Allah S.W.T kepada beliau sangat banyak, yang paling besar adalah Al-Qur'an, yang menjadi pedoman utama bagi kehidupan manusia. Selain itu ada pula peristiwa Isra Mi'raj yang membawa beliau bertemu dengan Allah S.W.T.

Related

Moslem World 5960675135210203163

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item