Anticythère Mechanics, Misteri Benda Modern yang Ditemukan di Masa Lalu

Anticythère Mechanics, Misteri Benda Modern yang Ditemukan di Masa Lalu

Naviri Magazine - Tahun 1900, ditemukan sebuah logam yang membatu, berusia sekitar 2000 tahun di sebuah kapal karam di pulau Antikythera Yunani.

Lima puluh tahun kemudian, oleh para ilmuwan, arkeolog, dan para peneliti lainnya, benda tersebut dicoba untuk dilihat dengan sinar-X. Digunakannya sinar-X adalah opsi terbaik agar artefak tersebut tidak rusak tersentuh, terlubangi, atau patah. Lalu dengan sinar-X pula, logam dan benda padat lainnya dapat ditembus dan terlihat.

Hasil scan oleh sinar-X oleh para ilmuwan menemukan dan menunjukkan bahwa ternyata benda tersebut di dalamnya merupakan sebuah alat mekanik! Di dalamnya terdapat gir-gir ukuran kecil yang beroda gigi, dan saling berputar satu dengan yang lain.

Perkiraannya, alat ini digunakan sebagai kalender, seperti itulah kira-kira Machine d’Anticythère. Cara atau sistem ini tidak jauh berbeda seperti mekanika di dalam jam tangan masa kini.

Penemuan ini membuat para ahli arkeologi kebingunan, karena pada saat itu bangsa Yunani tidak akan mungkin membuat benda mekanik serumit itu.

Hingga kini masih terjadi perdebatan di antara peneliti tentang teknologi benda misterius ini.

Related

World's Fact 8491375009440441958

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item