Vampire Squid, Cumi-cumi Aneh dan Mengerikan dari Neraka

 Vampire Squid, Cumi-cumi Aneh dan Mengerikan dari Neraka

Naviri Magazine - Salah satu hewan laut dalam yang paling misterius adalah cumi-cumi vampir (vampire squid). Nama cumi-cumi vampir dalam bahasa Latin adalah "Vampyroteuthis infernalis", yang kurang lebih berarti "cumi-cumi vampir dari neraka". Nama itu diberikan karena penampilannya yang aneh dan menyeramkan.

Cumi-cumi ini berukuran 30 cm (cukup besar untuk ukuran cumi-cumi) dan memiliki warna merah terang. Cumi-cumi ini dapat ditemukan di kedalaman 600-1.000 meter. Hewan ini pertama kali ditemukan tahun 1903, dan mulanya dikelirukan sebagai gurita (octopus).

Penampilan aneh cumi-cumi vampir membuat mereka terkenal di kalangan para ilmuwan. Cumi-cumi ini bertubuh tambun, tidak seperti cumi-cumi lain yang bertubuh runcing seperti torpedo. Pada bagian ekornya terdapat sepasang sirip yang bentuknya mirip kuping dan bergerak menggelombang secara lambat.

Di dekat siripnya juga terdapat sepasang organ bercahaya yang hanya dinyalakan untuk kamuflase. Lengannya terhubung oleh selaput berdaging, sehingga jika direntangkan tampak seperti corong berselimut.

Ia memiliki sepasang mata berwarna ungu, namun matanya nyaris tidak berguna karena ia hidup di kegelapan abadi. Untuk mendeteksi keadaan sekitarnya, cumi-cumi ini memiliki sepasang benang kuning di sisi tubuhnya, yang berfungsi sebagai organ sensor terhadap musuh dan mangsanya.

Related

Science 2807110223990531127

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item