Batman VS Superman, Pertarungan Mematikan Dua Superhero

  Batman VS Superman, Pertarungan Mematikan Dua Superhero

Naviri Magazine - Apa jadinya bila dua superhero berseteru dan bertarung satu lawan satu? Selain menimbulkan kekacauan secara fisik dan mental, pertikaian Batman versus Superman juga menunjukan satu benang merah yang tidak terduga.

Drama permusuhan Batman dan Superman dimulai saat Gotham City, yang menjadi kota domisili Batman alias Bruce Wayne (Ben Affleck), carut-marut akibat aksi heroik Superman alias Clark Kent (Henry Cavill). Tewasnya salah satu orang kepercayaan Wayne, Jack, kian memanaskan emosi Batman terhadap Superman.

Setelah cukup lama memantau gerak-gerik Superman, Batman akhirnya menemukan celah kelemahan manusia super yang terlahir dengan nama Kal-El itu. Kryptonite.

Akan tetapi, upaya untuk mendapatkan kryptonite tidak semudah membeli hot dog di pinggir jalan. Apalagi kryptonite sejatinya ditemukan Lex Luthor (Jesse Eisenberg), seorang pengusaha kaya raya di Metropolis, yang sangat membenci Superman.

Juga berambisi melenyapkan Superman dari muka Bumi, Luthor pun merancang skenario agar Batman tergerak untuk melancarkan aksi duel hidup-mati melawan Superman. Sampai akhirnya kedua pahlawan super ini mengetahui satu benang merah di antara mereka.

Pencarian jati diri

Di balik genre action-fantasy, Batman v Superman: Dawn of Justice arahan sutradara Zack Snyder sejatinya juga merupakan film drama tentang pencarian jati diri antara kedua superhero tersebut. Perbedaan masa kecil yang dialami Wayne dan Kent menjadi kunci utama keduanya bersikap dan mengambil keputusan saat dewasa, termasuk soal duel hidup-mati itu sendiri.

Wayne, yang yatim-piatu sejak kecil, digambarkan sebagai sosok penuh amarah dan dendam terhadap ketidakadilan. Sebaliknya, Kent, yang diasuh penuh kasih sayang oleh kedua orangtua angkatnya, justru terkesan selalu ingin mengorbankan dirinya demi menyelamatan orang lain, terutama Lois Lane (Amy Adams), sang cinta sejati.

Namun begitu, jalan kehidupan tak selalu mulus bagi keduanya. Meski di masa dewasanya, Wayne menjadi miliuner yang memiliki banyak perusahaan, dan Kent hanyalah jurnalis di Planet Daily, kenyataannya kedua pahlawan super ini tetap manusia biasa.

Titik persinggungan Wayne/Batman dan Kent/Superman akhirnya terjadi saat Superman berjibaku dengan salah satu musuhnya hingga ke Gotham City. Tak terima kota tinggalnya porak poranda dan kehilangan banyak korban jiwa, Wayne pun menganggap Kent sebagai sosok pahlawan egois yang hanya memikirkan kepentingannya sendiri.

Di lain sisi, tekanan publik dan pemerintah membuat Kent kerap bimbang dengan keputusannya membangun alter ego pahlawan super bernama Superman. Sementara yang diinginkan Kent hanyalah menjaga orang-orang terkasihnya.

Related

Film 2505410890107373346

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item