Ini 10 Golongan Manusia Saat Dikumpulkan di Padang Mahsyar

Ini 10 Golongan Manusia Saat Dikumpulkan di Padang Mahsyar

Naviri Magazine - Sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu Mu’ad bin Jabal, pernah bertanya kepada Nabi SAW, bagaimana tafsir tentang firman Allah SWT surat An Naba [98] ayat 18, “Yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala, lalu kamu datang berkelompok-kelompok.” {Q.S An Naba [98]: 18}

Rasulullah SAW menjawab: “Wahai Mu’adz, engkau bertanya tentang sesuatu yang sangat besar.”

Kedua mata beliau pun meneteskan air mata, karena di golongan tersebut ada umat Rasulullah SAW. Selanjutnya Beliau bersabda: “Ada 10 golongan dari umatku yang akan dikumpulkan pada hari kiamat nanti dalam keadaan yang berbeda-beda. Allah memisahkan mereka dari jamaah kaum muslimin, dan akan menampakkan bentuk rupa mereka sesuai dengan amalnya di dunia. Di antara mereka:

Ada yang berwujud kera, yaitu orang-orang yang ketika di dunia suka mengadu domba di antara mereka.

Ada yang berwujud babi, yaitu mereka yang ketika di dunia gemar memakan barang haram, dan bekerja dengan cara yang haram.

Ada yang berjalan jungkir balik dengan muka terseret-seret, yaitu orang-orang yang ketika di dunia gemar memakan riba.

Ada yang buta kedua matanya, yaitu mereka yang suka berbuat zalim dalam memutuskan hukum.

Ada yang tuli, bisu, dan tidak tahu apa-apa, yaitu mereka yang ketika di dunia suka menyombongkan diri atas amal yang diperbuat.

Ada yang mengunyah lidahnya sendiri yang menjulur sampai ke dada, dan mengalir nanah dari mulutnya, sehingga jamaah kaum muslimin jijik kepadanya. Mereka adalah golongan ulama dan pemberi fatwa yang ucapannya bertolak belakang dengan perbuatannya.

Ada yang tangan dan kakinya dalam keadaan terpotong, mereka adalah orang yang ketika di dunia suka menyakiti tetangganya.

Ada yang disalib di atas batang besi yang panasnya dari neraka, yaitu mereka yang suka mengadu orang lain dengan pengaduan yang batil dan palsu.

Ada yang aroma tubuhnya lebih busuk dari bau bangkai, yaitu orang-orang yang suka bersenang-senang dengan menuruti syahwat dan kemauan mereka, tanpa mau menunaikan hak Allah SWT pada harta yang mereka miliki.

Ada yang berselimut kain yang dicelup aspal mendidih, yaitu mereka yang suka takabur, berlaku sombong, dan membanggakan diri.“ [H.R Al Qurtubi]

Related

Moslem World 2263964837468686702

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item