Kisah Hudzaifah al-Yamani, Sahabat yang Dipercaya Sang Nabi

 Kisah Hudzaifah al-Yamani, Sahabat yang Dipercaya Sang Nabi

Naviri Magazine - Ia adalah sahabat Nabi yang sangat dipercayai oleh Nabi. Ia juga sahabat Imam Ali bin Abi Thalib (sudah mafhum adanya, kalau ada orang yang dekat dengan Rasulullah, pasti ia juga dekat dengan Imam Ali). Ia juga termasuk ke dalam kelompok orang yang ikut dalam proses penguburan Fathimah Az-Zahra.

Banyak peristiwa dalam sejarah yang menunjukkan bahwa Hudzaifah al-Yamani adalah sahabat Rasulullah yang sangat setia. Hudzaifa al-Yamani bersedia dipanggil oleh Rasulullah untuk berperang dalam perang Khandaq (Perang Parit).

Waktu itu, Rasulullah menawarkan surga kepada siapa pun yang berani masuk ke wilayah musuh dalam tugas memata-matai kekuatan musuh. Itu adalah pekerjaan yang sangat berbahaya, tetapi Hudzaifa al-Yamani bersedia melakukannya.

Hudzaifa juga dikenal sebagai “Si Pemegang Rahasia”, karena Rasulullah telah memberikan nama dan ciri orang-orang munafik yang bermaksud membunuh Nabi pada perjalanan pulang, sekembalinya dari Perang Tabuk. Tetapi Rasulullah memintanya untuk tidak membocorkan rahasia itu.

Hudzaifah al-Yamani pernah ditunjuk sebagai gubernur kota Madain (sebuah tempat di dekat Baghdad, Iraq) pada masa Khalifah Umar bin Khattab, dan ia tetap menjalankan tugasnya hingga Imam Ali bin Abi Thalib ditunjuk untuk menjadi Khalifah sepeninggal Umar bin Khattab yang tewas di tangan seorang Yahudi.

Imam Ali mengirimkan sepucuk surat kepada para penduduk kota Madain, memberitahu mereka bahwa sekarang yang menjadi khalifah adalah Imam Ali, sekaligus mengukuhkan posisi Hudzaifa sebagai gubernur kota Madain untuk melanjutkan tugasnya di sana.

Hudzaifah al-Yamani meninggal dunia sebelum terjadi Perang Jamal (perang saudara antara para sahabat Nabi dalam dua kubu, yaitu kubu Imam Ali bin Abi Thalib di satu sisi; dan kubu ‘Aisyah binti Abu Bakar di sisi lainnya) pada tahun 36 H.

Hudzaifah al-Yamani dikebumikan di kota Madain.

Related

Moslem World 8256252439162749489

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item