Ini 3 Prinsip Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes

Ini 3 Prinsip Hidup Sehat untuk Mencegah Diabetes

Naviri Magazine - Diabetes merupakan penyakit yang bisa dicegah dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Pakar mengatakan ada 3 hal yang menjadi prinsip utama pola hidup sehat.

dr Fiastuti Witjaksono, SpGK(K), dari RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan tiga prinsip yang dimaksud adalah mengurangi jumlah asupan kalori, meningkatkan aktivitas fisik, dan makan secara teratur. Meski terlihat sederhana, melakukan tiga hal ini dikatakannya butuh niat dan keteguhan yang kuat.

"Kurangi kalori, aktif bergerak, dan makan teratur, memang gampang diucapkan dan dituliskan. Tapi melakukannya yang sulit, meskipun kesannya sederhana," tutur dr Fiastuti, dalam seminar Wellness Diabetes Prodia di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Dijelaskan dr Fiastuti, mengurangi kalori bisa dilakukan dengan cara menghindari konsumsi makanan dengan lemak dan karbohidrat simpleks. Gorengan dan mie instan merupakan dua contoh makanan dengan karbohidrat dan lemak simpleks yang mengandung banyak kalori.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak kompleks seperti beras merah, oatmeal, atau ikan. Makanan dengan karbohidrat dan lemak kompleks membuatnya lebih kaya nilai gizi, serta mengandung kalori dalam jumlah yang tidak besar.

Prinsip kedua adalah melakukan aktivitas fisik. Idealnya, olahraga dilakukan selama 150 menit dalam seminggu, yang bisa dibagi menjadi 30 menit untuk 5 hari.

"Kalau nggak bisa olahraga pun, biasakan tubuh tetap bergerak. Jalan kaki dengan makan siang tidak nitip office boy, atau pergi ke kantor dengan sepeda, itu baik untuk membuat tubuh tetap aktif," paparnya.

Terakhir adalah makan secara teratur. Untuk menggapai pola hidup sehat, pola makan harus dijaga, tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh terlalu sedikit.

"Kalau makan tidak teratur akan membuat gula darah dan insulin fluktuatif, artinya naik dan turun secara tiba-tiba. Ini meningkatkan risiko diabetes," pungkasnya.

Related

Health 2809361401861174763

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item