CERN, Organisasi Pencipta Mesin-Mesin Tercanggih di Dunia

  CERN, Organisasi Pencipta Mesin-Mesin Tercanggih di Dunia

Naviri Magazine - CERN merupakan organisasi Eropa untuk riset nuklir, yang berada di perbatasan antara Prancis dan Swis. Organisasi ini memiliki lokasi riset yang cukup luas, dan menyembunyikan beberapa hasil riset mereka, namun tidak sedikit hasil riset mereka yang telah dikemukakan kepada publik (oleh orang dalam maupun jurnalis).

CERN melibatkan 21 negara di dalamnya, salah satunya adalah Israel. Organisasi tersebut memiliki pusat komputer terbesar, dan fasilitas mining serta prosesi data yang kuat dalam menganalisis data apa pun.

Pada tahun 2005, CERN mempekerjakan 3.000 orang dan 7.931 ilmuan dan insinyur (mewakili 500 universitas dari 80 negara). CERN mengembangkan fasilitas untuk menemukan partikel baru yang dapat meciptakan energi sangat kuat dan dapat diaplikasikan dalam segala bidang.

Banyak orang beranggapan, organisasi ini sangat berbahaya melebihi proyek nuklir terbesar yang ada di dunia. Para ilmuan sering mengatakan, CERN bertujuan menemukan partikel tuhan, yaitu partikel terkuat dimuka bumi.

Dalam teori relativitas Einstein, sangat sangat jelas bahwa energi merupakan kecepatan rambatan materi atau non-materi dalam ruang hampa, yang disingkat dengan c2. Di satu sisi, CERN memberikan dampak yang baik dalam kemajuan teknologi dan terjaganya umat manusia di masa depan. Namun, CERN juga memberikan ancaman terbesar bagi umat manusia.

Banyak alat yang sudah diciptakan oleh CERN sebagai langkah tercapainya tujuan mereka, beberapa di antaranya adalah:

Large Hadron Collider (LHC) 

Mesin terbesar di dunia ini memuat energi yang sangat kuat, yang terdiri dari banyak sumber energi. Bahkan pada tahun 2015 energinya dilipatgandakan mejadi 13 tera elektron volt. LHC memiliki medan magnet sebesar 8,4 Tesla atau 100.000 kali lebih kuat dari medan magnet bumi.

Lintasan balapan tercepat di dunia

Mesin ini, saat digunakan pada kekuatan penuh, triliunan proton akan berlari mengelilingi cincin akselerator LHC sebanyak 11.245 putaran per detik, dengan kecepatan 99,999% kecepatan cahaya.

Akselerator ini merupakan tempat paling hampa sejagat raya. Sinar partikel bergerak di dalam ruang ultra vakum seperti ruang kosong di luar angkasa. Akselerotor tersebut merupakan tempat yang paling panas di muka bumi, namun merupakan tempat yang paling dingin pula, bahkan memebihi luar angkasa.

Detektor terbesar dan tercanggih 

Untuk mencatat dan mengambil 600 juta sampai 1 milyar tabrakan proton per detik, para fisikawan dan insinyur CERN membangun detektor yang dapat mengukur partikel dengan presisi mikron. Maka dibutuhkan super komputer yang sangat kuat sehingga CERN juga merupakan pemegang sistem super komputer terkuat di dunia.

Berdasarkan temuan di atas, tujuan utama CERN adalah membuka portal ruang dan waktu, dalam upaya perjalanan menembus ruang dan waktu. Hal tersebut dapat dijelaskan dengan sederhana, yaitu dengan tumbukan partikel yang akan merobek kesinambungan ruang dan waktu, dan membuka miniatur "blackhole", dan sesuatu dapat masuk melaluinya.

Namun, ide tersebut bukan hal yang baik secara garis besar, karena blackhole diilustrasikan sebagai vacum cleaner besar yang dapat menyedot alam semesta ke dalamnya.

Related

Technology 7786592002321131446

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item