Ini yang Akan Terjadi, Jika Kita Bisa Kembali ke Masa Lalu

Ini yang Akan Terjadi, Jika Kita Bisa Kembali ke Masa Lalu

Naviri Magazine - Umpamakan saja dunia kita telah mampu menciptakan mesin waktu yang memungkinkan kita kembali ke masa lalu. Kira-kira, apa yang akan terjadi kalau umpama kita bisa kembali ke masa lalu?

Orang awam berpikir, jika si A kembali ke masa lalu dan membunuh kakeknya sebelum si kakek punya keturunan (ayah/ibu si A), maka si A akan lenyap. Sebab tanpa ayah/ibunya, si A takkan lahir.

Tapi masalah muncul. Jika di masa lalu si kakek sudah mati sebelum dia punya keturunan, bagaimana mungkin si A bisa ada di masa lalu untuk membunuhnya? Sebab, logikanya, masa depan telah ditulis ulang, dan si A seharusnya hilang.

Lalu kenapa si A bisa membunuh kakeknya di masa lalu? Paradoks/masalah itu dinamakan Paradoks Sang Kakek.

John Titor, orang yang terkenal di dunia karena mengaku bisa kembali ke masa lalu, menyebutkan bahwa paradoks itu salah. Sebab jika si A balik ke masa lalu ataupun maju ke masa depan, dia akan mendarat di dunia lain, serupa tapi tak sama.

Agar lebih mudah dijelaskan, ibaratkan waktu sebagai sungai yang terdiri dari trilyunan tetes air. Dunia/masa kita ini adalah setetes air yang mengalir bersama tetes air lain membentuk sungai. Dunia John dan dunia kita serupa, sama seperti tetes air. Dengan mendatangi masa kita, John melompat dari dunianya, dan mendarat di dunia kita.

Meski masa kita serupa dengan masa lalu dari dunia John, dunia kita bukan dunianya. Jika John membunuh kakek kandungnya di dunia kita, kakek John yang asli (yang berasal dari dunia John) akan tetap selamat. Sebab orang yang John bunuh di masa kita adalah orang lain yang serupa tapi tak sama.

Jadi, intinya, jika kita balik ke masa lalu dan berharap bisa mengubah sesuatu agar masa depan berubah, hal itu takkan bisa terjadi. Sebab perubahan yang terjadi hanya mempengaruhi dunia yang kita datangi.

Berhubung dunia kita dengan dunia John tidak sama, walaupun serupa, ada beberapa hal yang mungkin tidak akan terjadi menurut "ramalan" John.

John menyatakan beberapa kejadian mengerikan dari masanya. Kejadian-kejadian itu mungkin takkan terjadi di dunia kita, sebab dunia kita dan dunianya berbeda. Tapi dengan kehadirannya di dunia kita, dan tindakannya membocorkan beberapa event masa depan mungkin telah mengubah dunia kita tanpa kita sadari!

Contoh: mungkin saja, dunia kita seharusnya tidak bisa menciptakan mesin waktu dalam waktu dekat. Tapi gara-gara John mengobral pengalamannya, ilmuwan-ilmuwan dunia kita tertantang untuk menciptakan mesin waktu. Alhasil, dunia kita mengenal mesin waktu lebih cepat dari yang seharusnya.

Menurut rumus Fisika, semakin jauh kita berkelana ke masa lalu, dunia yang kita temui akan semakin berbeda. Mungkin saja di dunia masa lalu, yang kita datangi, manusia gagal berevolusi. Dikarenakan hal ini, balik ke masa asal kita juga takkan mudah. Kita akan mendarat di dunia yang serupa tapi tak sama.

Karena jumlah dunia paralel tak terhitung, tak mungkin bagi seorang penjelajah waktu untuk kembali ke masa yang sama dua kali, sebab dia akan mendarat di dunia lain. Jadi John tak bisa kembali mengunjungi dunia kita di tahun 2001 dua kali atau lebih. Kalau pun ada seorang John Titor lain, maka John itu pasti John yang berasal dari dunia/masa lain (yang belum pernah datang ke dunia/masa kita).

Related

Science 2249330130887043350

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item