Selain Bumi, Ternyata Mars Juga Mengalami Pemanasan Global

Selain Bumi, Ternyata Mars Juga Mengalami Pemanasan Global

Naviri Magazine - Pemanasan di Bumi dan Mars menunjukan bahwa perubahan iklim planet kita kini disebabkan oleh alam, bukan manusia, menurut Habibullo Abdussamatov, kepala Observatorium Astronomikal Pulkovo St. Petersburg, Rusia.

Bumi kini mengalami pemanasan cepat, dengan mayoritas ilmuwan menyatakan bahwa pemanasan global diakibatkan oleh tingginya tingkat gas rumah kaca di atmosfir.

Mars juga mengalami pemanasan. Pemanasan di Mars, menurut Abdussamatov, "adalah bukti bahwa pemanasan global di Bumi sekarang diakibatkan oleh perubahan pada matahari. Peningkatan jangka panjang pemancaran matahari memanaskan Bumi dan Mars," ujarnya.

Mars dan Bumi telah mengalami zaman es pada sejarah mereka. "Pemanasan rumah kaca akibat manusia memberikan sedikit kontribusi terhadap pemanasan Bumi, tetapi tidak sebanding dengan peningkatan pancaran Matahari," ujar Abdussamatov.

Dengan mempelajari ketidaktetapan suhu matahari, Abdussamatov percaya ia dapat melihat pola yang cocok terhadap iklim pada Bumi dan Mars.

Seluruh planet mengalami wobble, karena melakukan perjalanan mengitari matahari. Wobble Bumi disebut siklus Milankovitch, dan muncul antara setiap 20.000 sampai 100.000 tahun. Ketidaktetapan tersebut mengubah poros Bumi dan jaraknya dari matahari, dan diduga menyebabkan zaman es pada Bumi.

Abdussamatov juga menyatakan bahwa karbondioksida hanya memberikan sedikit pengaruh terhadap iklim Bumi, dan tidak memberikan pengaruh terhadap Mars.

"Pemancaran matahari mulai berkurang pada tahun 1990-an, dan tingkat minimum akan tercapai kira-kira tahun 2040," menurut Abdussamatov. "Sehingga akan menyebabkan pendinginan iklim Bumi dalam waktu 15 sampai 20 tahun."

Pemikiran Abdussamatov tidak diterima dengan baik oleh ilmuwan lainnya. "Pandangannya sepenuhnya aneh," menurut Colin Wilson, fisikawan planet di Universitas Oxford, Inggris.

Related

Science 3762927034463307542

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item