Memahami Arti atau Makna di Balik Simbol-simbol di Sekitar Kita

  Memahami Arti atau Makna di Balik Simbol-simbol di Sekitar Kita

Naviri Magazine - Disadari atau tidak, kehidupan kita tidak bisa lepas dari simbol-simbol. Setiap hari, kita selalu berhubungan dengan simbol. Simbol adalah alat komunikasi, baik yang bersifat terbuka dan umum, maupun yang sifatnya tertutup dan rahasia.

Simbol yang bersifat umum memiliki pengertian seragam, dan banyak yang memahami dengan baik, misalnya simbol lampu merah, lampu hijau, dan lampu kuning pada traffic-light. Simbol angka-angka yang tertera pada mata uang juga demikian.

Untuk simbol yang bersifat tertutup dan rahasia, tidak semua orang memahami makna dan arti sesungguhnya. Pengertian dan maknanya bersifat rahasia, dan hanya dipahami oleh segelintir orang. Simbol-simbol keagamaan dan pemikiran termasuk ke dalam kelompok ini, misalnya simbol bulan dan bintang, swastika, piramida terpenggal, mata Horus, siku dan jangka, dan lain sebagainya.

Secara etimologis, kata “simbol” ada yang meyakini berasal dari bahasa Yunani, “symbolon” atau “symbalo”, kata kerja: symbalein, yang berarti tanda pengenal yang menjelaskan dan mengaktualisasikan suatu perjumpaan dan kebersamaan yang didasarkan oleh suatu kewajiban atau perjanjian.

Dapat juga dikatakan bahwa simbol adalah tanda indrawi, barang atau tindakan, yang menyatakan realita lain di luar dirinya. Namun, kosakata Inggris pun mengenal kata “symbol” yang berakar pada kata “symbolicum” dalam bahasa Latin. Semuanya memiliki beberapa makna generik, yakni “memberi kesan”, “berarti”, dan “menarik”.

Dalam sejarah pemikiran, simbol memiliki dua pengertian yang sangat berbeda. Dalam pemikiran dan praktik keagamaan, simbol lazim dianggap sebagai pancaran realitas transenden. Dalam sistem pemikiran logika dan ilmiah, lazimnya istilah simbol dipakai dalam arti tanda abstrak.

Dalam beberapa pengertian, “simbol” bisa dibagi dalam tiga bentuk:

Simbol adalah sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat yang menggantikan gagasan atau objek;
   
Simbol adalah kata, tanda, atau isyarat, yang digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain seperti arti, kualitas, abstraksi, gagasan, dan objek;
   
Simbol adalah apapun yang diberi arti dengan persetujuan umum, dan atau dengan kesepakatan atau kebiasaan.

Simbol sering diartikan secara terbatas sebagai tanda konvensional, sesuatu yang dibangun oleh masyarakat atau individu dengan arti tertentu yang kurang lebih standar dan disepakati, atau dipakai anggota masyarakat itu sendiri.

Related

Science 7786333747676521045

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item