Orang Dewasa Tak Perlu Khawatir Jika Ingin Mandi Malam Hari

 Orang Dewasa Tak Perlu Khawatir Jika Ingin Mandi Malam Hari

Naviri Magazine - Bahaya mandi malam bisa berlaku terhadap bayi, namun efek bahaya terhadap orang dewasa, seperti anggapan masyarakat selama ini, bisa jadi hanya mitos.

Pada beberapa kondisi, mandi malam justru dianjurkan, misalnya saat menjelang waktu operasi. Ketika akan menjalani operasi, pasien dianjurkan untuk membersihkan diri dengan mandi pada malam hari sebelumnya. Pasien biasanya diinstruksikan untuk mandi dengan produk yang mengandung chlorhexidine gluconat. Dapat juga dengan sabun antiseptik yang dibeli secara bebas bila Anda tidak diberi sabun khusus.

Lanjutkan dengan mengeringkan badan dengan handuk dan memakai baju yang bersih. Hal yang sama juga dianjurkan untuk dilakukan pada pagi harinya sebelum prosedur operasi.

Ketika mandi, Anda tidak perlu bercukur di area yang akan dioperasi. Bila memang ternyata perlu dicukur, petugas kesehatan yang akan melakukannya di rumah sakit. Selain itu, sikatlah kuku jari dan hapus semua kutek atau make up bila Anda memakainya

Pada pasien yang akan menjalani operasi pada kepala, biasanya juga diinstruksikan untuk melakukan keramas dengan produk yang mengandung chlorhexidine gluconat pada malam hari dan pagi hari sebelum operasi.

Mandi malam juga bisa dilakukan oleh mereka yang banyak berkeringat pada siang hari. Mandilah pada malam hari sebelum tidur, atau paling tidak cucilah ketiak atau kaki bila baunya kurang sedap.

Selanjutnya keringkan dan gunakan antiperspirant untuk menghalau bau keringat. Suhu tubuh menurun saat malam, sehingga kandungan antiperspirant dapat meresap dengan baik ke dalam tubuh untuk menghilangkan bau keringat.

Bila Anda merasa perlu untuk mandi di malam hari namun tidak suka air dingin, berupayalah untuk melakukannya dengan air hangat. Selain meringankan pikiran, hal ini dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Related

Health 8216225390246309404

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item