Ini 10 Hal yang Dapat Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ini 10 Hal yang Dapat Menurunkan Sistem Kekebalan Tubuh

Naviri Magazine - Tubuh kita memiliki sistem imun atau sistem kekebalan yang memungkinkan tubuh secara otomatis terus menerus melindungi diri dari kemungkinan serangan penyakit yang berasal dari virus, bakteri, dan lain-lain. Tanpa adanya sistem kekebalan tubuh, atau jika kekebalan tubuh kita lemah, penyakit akan mudah menyerang.

Karenanya, agar tetap sehat, kita harus selalu memastikan sistem kekebalan tubuh kita selalu terjaga dengan baik agar selalu kuat, dan tubuh juga senantiasa sehat. Berikut ini adalah 10 hal yang bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh kita.

Makanan yang kita makan

Asupan makanan yang buruk dalam waktu yang lama dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Makanan dengan bahan kimia tambahan, pestisida, dan pengawet, dapat merusak sistem kekebalan tubuh, dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis. Kekurangan nutrisi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita lemah.

Konsumsi gula yang kelebihan

Gula yang dibicarakan di sini adalah gula kristal rafinasi yang merupakan gula hasil pemurnian, sehingga tidak lagi mengandung vitamin dan mineral, hanya sukrosa saja. Gula jenis ini membahayakan kesehatan, dampaknya adalah mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Konsumsi yang tinggi akan memberikan efek buruk pada sistem kekebalan tubuh.

Alkohol yang berlebihan

Minum minuman beralkohol secara berlebihan dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Terlalu banyak alkohol dapat mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. Dosis alkohol yang tinggi membuat tubuh kekurangan gizi secara keseluruhan, sehingga merusak kekebalan tubuh.

Kurang tidur

Tidur yang baik sangat penting bagi tubuh kita untuk mengembalikan energi. Tidur membantu membangun kembali sistem kekebalan tubuh. Tanpa tidur yang cukup, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, karena tidak mendapatkan kesempatan untuk membangun kembali.

Stres

Stres menekan fungsi sistem kekebalan tubuh. Stres jangka panjang sangat buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa stres kronis menurunkan jumlah sel darah putih.

Dehidrasi

Dehidrasi berarti tubuh kekurangan cairan. Dehidrasi dapat menyebabkan masalah medis. Untuk bekerja, sistem kekebalan tubuh kita membutuhkan jumlah air yang cukup.

Obat

Terlalu sering menggunakan obat yang diresepkan atau non-resep dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Obat adalah racun utama yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Bahkan, penggunaan antibiotik dalam jangka panjang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Eksposur radiasi

Paparan zat kimia, sinar UV, dan paparan radiasi, hal-hal tersebut dapat merusak sistem kekebalan tubuh.

Gaya hidup yang buruk

Kebersihan yang baik sangat penting untuk mempertahankan sistem kekebalan yang kuat. Terlalu banyak terpapar kuman mungkin dapat membuat tubuh menjadi stres karena melewati batas yang bisa dihadapi oleh tubuh. Kehidupan yang higienis adalah cara terbaik untuk menghindari infeksi dan menjaga sistem kekebalan yang kuat.

Tidak aktif atau jarang berolahraga

Olah raga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik. Membantu meningkatkan aliran darah yang membantu membersihkan tubuh dari racun tertentu dan produk-produk limbah. Kurang olahraga memperlambat proses ini, dan itu menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Obesitas juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Related

Health 2079069558370274145

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item