Sejarah Athena, Kota Kuno Tempat Lahirnya Peradaban Barat

 Sejarah Athena, Kota Kuno Tempat Lahirnya Peradaban Barat

Naviri Magazine - Setiap warga di dunia pasti mendambakan hidup makmur, dan berharap tinggal di tengah kota dengan kekayaan berlimpah. Bicara soal kemakmuran, Athena merupakan salah satu kota terkuat di dunia yang dapat menjanjikan kemakmuran pada para penduduknya.

Athena dikenal sebagai salah satu kota ternama di dunia, yang dikabarkan sebagai fondasi berdirinya peradaban Barat. Selama sedikitnya 7.000 tahun, kota tersebut tak pernah ditinggalkan penduduknya.

Sepanjang sejarahnya, Athena terkenal memberikan kontribusi besar bagi dunia pendidikan, filosofi, keagamaan, perekonomian, dan berbagai sektor lain. Prestasi arsitekturnya mampu menjadi kekuatan dan kekayaannya di mata dunia.

Bagaimana kisah kejayaan kota paling makmur kedua di dunia ini?

Selintas tentang Athena, Yunani

Athena merupakan ibukota sekaligus kota terbesar di Yunani. Pada tahun 500 Sebelum Masehi, cara baru manajemen pemerintahan ditemukan di kota makmur tersebut.

Demokrasi atau penyerahan kedaulatan pada rakyat merupakan sistem pemerintahan legendaris yang berasal dari Athena, dan kemudian diterapkan di berbagai negara di dunia. Saat pertama kali ditemukan, tidak semua orang memiliki hak suara untuk memilih.

Hanya penduduk pria yang dapat menentukan siapa pimpinan kota tersebut. Kala itu, seluruh anggota dewan pemerintahan di Athena adalah laki-laki, dan dipilih selama setahun sekali.

Dulu, Athena memiliki tradisi di mana 5.000 penduduknya bertemu setiap 10 hari sekali di bukit bernama Pnyx. Saat ini, para turis masih bisa melihat batu-batu tempat pertemuan bersejarah tersebut dilakukan.

Bangunan paling terkenal dari kota tersebut adalah kuil yang disebut Parthenon. Kuil tersebut berdiri di atas bukit berbatu yang dikenal bernama Acropolis.

Di dalam Parthenon berdiri sebuah arca. Masyarakat menyebut arca tersebut sebagai pelindung Athena.

Related

Insight 8624830684659460318

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item