Ini 11 Singkatan Terkenal yang Masih Jarang Diketahui Artinya

 Ini 11 Singkatan Terkenal yang Masih Jarang Diketahui Artinya

Naviri Magazine - Ada banyak kata atau istilah yang biasa kita gunakan dalam sehari-hari, untuk menyebut sesuatu. Ada pula kata atau istilah yang sering kita temukan saat membaca berita atau lembar-lembar buku dan majalah. Selama ini, kita mungkin menganggap kata atau istilah itu merupakan kata benda biasa, namun ternyata singkatan.

Berikut ini adalah 11 kata atau istilah terkenal dalam kehidupan sehari-hari yang sebenarnya adalah singkatan, yang mungkin belum kamu tahu artinya.

HVS

Saat fotokopi atau nge-print skripsi, kamu pasti menyebut istilah kertas HVS. Selalu disebut-sebut, tahukah kamu bahwa singkatan HVS berasal dari bahasa Belanda? Hout Vrij Schrift adalah bahasa Belanda untuk kertas tulis.

Laser

Begitu mendengar kata laser, bayangan cahaya yang menyilaukan langsung muncul dalam benak kamu. Ternyata, istilah ini merupakan singkatan Light Amplifiation by Stimulated Emmission Radiation! Pernah tahu sebelumnya?

OK

"Oke!" Kata yang satu ini biasanya digunakan semua orang untuk menyatakan rasa setuju atas suatu hal. Kata OK ternyata memiliki kepanjangan, lho! Singkatan ini berasal dari bahasa inggris, yaitu All Correct atau semua benar. Namun di Indonesia, kata ini berubah jadi All Korrect atau OK.

H&M

Ritel busana raksasa asal Swedia ini telah mendunia namanya. Di Indonesia, H&M begitu digemari oleh banyak kalangan.

Saking familiar dengan nama 'H&M', pernahkah terpikir apa kepanjangannya? Tak banyak yang tahu, H&M merupakan singkatan nama Hennes & Mauritz.

Awalnya, H&M bernama Hennes, yang artinya 'Hers' atau milik perempuan. Pada saat itu, H&M hanya menjual pakaian perempuan. Namun pada 1968, Hennes mengubah namanya karena bergabung dengan lini pakaian pria asal Stockholm, Maurits Widforss. Akhirnya jadilah nama H&M, yang berarti Hennes & Mauritz.

Ray-Ban

Pecinta kacamata hitam pasti kenal merek kacamata premium ini. Tahukah kamu apa kepanjangan Ray-Ban serta asal muasalnya?

Merek ini lahir karena permintaan seorang pilot yang ingin dibuatkan kacamata untuk menghalangi sinar matahari masuk ke matanya selama terbang. Menghalangi sinar matahari dalam bahasa Inggris tertulis 'x-ray banned'.

Sang perusahaan, Bausch & Lomb, berpikir untuk menyempurnakan nama tersebut. Lalu lahirlah nama Ray-Ban, yang berarti penghalang sinar matahari.

DAMRI

Bus yang biasa kamu naiki menuju ke airport atau bandara biasa dikenal dengan nama DAMRI. Tahukah kamu apa kepanjangan yang bersembunyi di balik istilah tersebut?

Adalah Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia, yang terbentuk pada 15 November 1946 silam. Merasa familiar?

GPS

GPS kerap disebut-sebut dalam kehidupan sehari-hari. GPS sejatinya merupakan singkatan Global Positioning System, atau dikenal sebagai Sistem Pemosisi Global dalam bahasa Indonesia. Atau istilah awamnya: peta!

BH

Pakaian dalam perempuan ini dikenal dengan istilah BH. Tahukah kamu apa kepanjangan dua huruf itu? Adalah Buste Hounder, bahasa Belanda untuk penyangga payudara. Pernah dengar sebelumnya?

WC

Meski sudah mengenal istilah yang satu ini sejak kecil, tak banyak dari kamu yang tahu apa kepanjangannya. Adalah Water Closet, yang berarti tempat untuk buang air besar.

HP

Merek perangkat komputer dan laptop ini sudah menduniaTak sedikit dari kamu yang menggunakan produk dari HP.

Tak banyak orang sadar, bahwa HP merupakan singkatan Hewlett Packard. Nama ini diambil dari nama pendirinya, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

Robot

Selama ini mungkin kamu terkecoh dengan menyangka robot merupakan sebuah kata. Namun nyatanya, robot merupakan singkatan Residents Official Board of Technology, yang berarti mesin yang bisa bergerak.

Related

Science 6601822465450034333

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item